SDN 03 Baru Pagi Gelar `Market Day`, Siswa-siswi Diajari Wirausaha

Sekolah Dasar Negeri 03 Baru Pagi menggelar `Market Day` di Halaman SDN 03 Baru Pagi Jalan Gotong Royong Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, Kamis (3/11/2022). Kegiatan itu mengenalkan para siswa berwirausaha sejak dini.

Kegiatan yang dibuka langsung Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Timur, Yanto, merupakan bagian penerapan Kurikulum Merdeka. Kurikulum yang menempatkan anak didik sebagai produsen atau diberi materi pengenalan kewirausahaan, sehingga bisa mencetak generasi yang berkarya berwirausaha.

“Ini cukup baik ya dan pertama di Jakarta Timur harus diapresiasi, di sini setelah meraka diajarkan bapak dan ibu guru bagaimana membuat satu produk yang dipasarkan,” kata Yanto.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 03 Baru Pagi, Trisnaini mengatakan, kegiatan itu merupakan upaya sekolah dalam mewujudkan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dengan mengusung tema kewirausahaan.

Para siswa dan orangtua wajib memajang hasil kreasi yang mereka buat, seperti telur asin dan memanfaatkan budidaya lele menjadi makanan olahan hingga marketing yang dihasilkan. Dari materi ini, terlahir jiwa wirausaha dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri di masa mendatang.

“Alhamdulillah, cukup antusias kita libatkan dari siswa kelas 1, 4, 5 dan 6. Dari `Market Day` ini diharapkan mereka bisa belajar lebih menyenangkan dengan hasil yang memuaskan,” imbuhnya.

Keysa, siswa Kelas VI B SDN 03 Baru Pagi mengaku, senang mendapat pelajaran baru dari kurikulum merdeka ini. Dari produk yang dihasilkan dirinya berharap mendapatkan hasil maksimal.

“Senang banget ya, alhamdulillah sudah ada yang beli. Awalnya rumit tapi setelah dikerjakan secara berkelompok cukup menyenangkan,” ucapnya. (AJ)