Kurangi Dampak Global Warming, Pemprov DKI dan PT. JIEP Lakukan Penanaman Pohon

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT. JIEP melakukan penanaman 50 pohon di Kawasan Industri Pulogadung.

Jakarta Timur, (9/6/2023) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT. Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP) menggelar penanaman pohon bersama di Jalan Rawa Sumur IV, Kawasan Industri Pulogadung, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (9/6/2023).

Kegiatan dihadiri Asisten Ekonomi, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, Sri Haryati, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, serta Wakil Camat Cakung, Yan Murdiyan, dan Lurah Jatinegara, Slamet Sihabudin.

Penanaman pohon dilakukan berdasarkan arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, yang mengajak seluruh jajarannya serta Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan masyarakat melakukan penanaman pohon demi menjaga lingkungan dari pemanasan global serta mengurangi polusi di Jakarta.

Dari itulah, Sri Haryati berharap, para BUMD lainnya dapat mengikuti langkah dan upaya PT. JIEP untuk menjaga lingkungan dengan menanam pohon.

“Tentunya dengan gerakan menanam ini, selain kita ketahui hari ini adanya pemanasan global, suhu dunia meningkat, ini sebagai upaya Pemprov mengurangi emisi karbon, diiringi dengan masifnya Jakarta dalam menanam pohon,” katanya.

Sementara itu, Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah menambahkan, Jakarta Timur memiliki lahan yang cukup luas untuk ditanami pohon-pohon sebagai upaya menjaga lingkungan Jakarta dari pemanasan global. Pemprov sendiri menargetkan 30 persen dari luas Jakarta untuk penghijauan.

Jakarta Timur sendiri sudah melakukan penanaman pohon di beberapa titik, di antaranya Kawasan Industri Pulogadung dan kolong tol Becakayu.

“Bapak Walikota Jakarta Timur juga sangat konsen bersama seluruh jajaran. Kita telah menanam di semua ruang terbuka yang memungkinkan kita tanami yang merupakan aset Fasos-Fasum. Ini merupakan gerakan bersama yang harus kita dukung baik pemerintah, masyarakat, dan swasta, termasuk seluru sektor seperti dunia pendidikan, siswa-siswi, generasi muda semuanya kita ajak ikut budaya menanam, karena dengan 1 pohon ini akan bisa menghasilkan oksigen yang bisa kita hirup untuk kesehatan, tentunya mari kita dukung terus gerakan penanaman pohon dan kita wujudkan Jakarta dengan ruang terbuka hijau sebesar 30 persen,” ungkapnya.

Plh Dirut PT. JIEP, Dharma Satriadi mengatakan, sebanyak 50 pohon yang ditanam bersama ini juga merupakan peringatan 50 tahun PT. JIEP berdiri. Gerakan ini bukan yang terakhir, Dharma memastikan mereka akan terus melakukan penghijauan sebagai bentuk dukungan kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk penghijauan.

“JIEP masih punya tanah-tanah kantong seluas kurang lebih 10 hektar lagi yang bisa kita tanami berbagai jenis tanaman yang buat penghijauan di Jakarta,” ucapnya. (AD)