Antisipasi Luapan Air, Sudin SDA Pasang Karung dan Bronjong di Kali Baru

Jakarta Timur, (5/7/2023) – Antisipasi imbasnya air yang meluber ke Jalan Raya Bogor tepatnya di Lampu Merah Hek Kramat Jati, Suku Dinas Sumber Daya Air (Sudin SDA) Kota Administrasi Jakarta Timur memasang karung dan beronjong di sepanjang Kali Baru. Pemasangan dilakukan sepanjang 800 meter. 

Antisipasi ini dilakukan untuk menghindari adanya kebocoran yang besar. Namun, pemasangan ini sifatnya hanya sementara. Hal itu diungkapkan Kepala Sudin SDA, Wawan Kurniawan, Rabu (5/7/2023). 

“Penanganan sementara ini minimal bisa mengurangi, misal jika sebelumnya ada aliran yang masuk ke pemukiman warga dengan dibendung menggunakan bronjong dan karung maka akan mengurangi kecepatan volume saluran air ke warga. Diharapkan warga hendaknya bersabar karena Dinas SDA Provinsi DKI Jakarta menginginkan yang terbaik dalam penanggulangan banjir di wilayah tersebut,” kata Wawan. 

Pemasangan turap permanen di Kali Baru sendiri menjadi program dari Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta. Saat ini masih dalam tahap lelang dan akan dikerjakan sepanjang 400 meter sisi kanan dan sisi kiri. 

“Total 800 meter akan dikerjakan dan prosesnya oleh pihak ketiga saat ini masih dalam proses lelang. Dinas tentunya memiliki kebijakan akan mengerjakan secara permanen karena perlu ada pembaharuan dari turap yang eksisting, mudah-mudahan cepat dikerjakan ini untuk mengurangi debit air,” ujar Wawan. 

Wawan berharap, pengerjaan turap permanen akan dilakukan tahun ini, agar tidak terjadi luapan lagi di wilayah terdampak, terutama Kelurahan Tengah. (JS).