Wakil Walikota Jakarta Timur Ajak Warga Jaga Kebersihan Sungai Ciliwung

Jakarta Timur, (27/7/2023) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainah, menghadiri kegiatan susur dan bersih-bersih Sungai Ciliwung bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat  Republik Indonesia (PUPR RI), dari Kalibata, Jakarta Selatan hingga MT. Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Kamis (27/7/2023).

Dalam rangka Hari Sungai Nasional, yang mengangkat tema ‘Sungai Bersih untuk Kehidupan dan Alam’, Wakil Walikota berpesan kepada masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan, khususnya Sungai Ciliwung yang memiliki potensi sebagai destinasi wisata. Salah satu pesannya tidak membuang sampah ke sungai. 

“Kita mengimbau kepada masyarakat terus menggerakkan kesadaran perilaku bersih dan sehat, khususnya, jangan membuang sampah di sungai, karena kita berharap sungai ini menjadi sungai yang bersih dan juga indah dan bisa menjadi potensi wisata,” kata Wail Walikota. 

Iin juga menyampaikan, usai telusuri Sungai Ciliwung, masih terdapat banyak sampah di Sungai Ciliwung yang bisa mengakibatkan banjir di Jakarta. Dengan situasi ini, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur akan membentuk Satuan Tugas (Satgas) bekerjasama dengan semua pihak, termasuk komunitas dan warga untuk menjaga kebersihan Sungai Ciliwung, terlebih sungai ini mengalir di dua wilayah yakni Jakarta Timur dan Jakarta Selatan. 

“Harapannya, nanti bisa ada kerjasama yang baik dan kita akan lakukan berupaya pembentukan Satgas, khususnya kita harapkan dukungan dari RT/RW peduli bersama Pemerintah dan juga masyarakat serta komunitas yang juga cinta dengan sungai bersih. Mudah-mudahan dengan kita lakukan bersama kebersihan sekitar sungai dan juga mengolah sampah tidak ada lagi sampah di sungai dan menjadi sungai yang bersih,” ungkapnya. 

Hadir juga dalam kegiatan susur sungai, Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR RI Mohamad Zainal Fatah, dan Wakil Walikota Administrasi Jakarta Selatan Edi Sumantri. Kegiatan juga dihadiri beberapa pasukan dari jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur, jajaran Kementerian PUPR RI, jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Selatan, hingga relawan yang ikut menelusuri sekaligus mengambil sampah di Sungai Ciliwung dari sisi Kalibata hingga sisi MT. Haryono.

Sementara itu, Indra, atlet dayung Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) DKI Jakarta yang ikut serta pembersihan Sungai Ciliwung, menyampaikan, kegiatan sungai menjadi bersih serta mejaga agar tidak banjir. Ia sendiri rutin mengikuti kegiatan saksi kebersihan susur Sungai Ciliwung tiap tahunnya. 

“Dengan adanya kegiatan ini, harapannya adalah sungai menjadi bersih, layak dipakai dengan penggunaannya, kemudian tidak rawan banjir, terus juga masyarakat jadi lebih perhatian dengan sungai ini, karena kebersihan sungai ini adalah kebersihan untuk semua masyarakat,” ungkapnya. (AD)