Kecamatan Makasar Serahkan Kunci Bedah Rumah Dhuafa Pinang Ranti

Jakarta Timur, (11/8/2023) - Jajaran Kecamatan Makasar Kota Administrasi Jakarta Timur menyerahkan kunci hasil bedah rumah Baznas Bazis Jakarta Timur kepada warga RT 004 RW 02 Kelurahan Pinang Ranti, Kecamatan Makasar, Jumat (11/8/2023).

Kunci diserahkan langsung Sekretaris Kecamatan Makasar, Ompu Muhammad Taufik kepada Fizrah Sa’diah Zahara, warga RW 02 Kelurahan Pinang Ranti. Sebelumnya, kondisi rumah Fizrah kurang layak huni.

“Alhamdulillah, berkat dari dukungan dan permohonan dari para pengurus RT RW hingga kelurahan, bantuan yang diberikan ini tepat sasaran. Yang dulunya rusak parah juga memperihatinkan, sekarang sudah layak huni dan bisa dinikmati sebagai hunian bagi seorang diri Fizrah,” kata Ompu.

Koordinator Baznas Bazis Jakarta Timur, Eka Nafisah, mengatakan untuk bedah rumah warga RW 02 Kelurahan Pinang Ranti, pihaknya menggelontorkan bantuan dana sebesar Rp50 juta. Dana berasal dari hasil pengumpulan zakat, infak dan shodaqah (ZIS) masyarakat.

Untuk mendapatkan bantuan, para pemohon harus melalui ragam tahapan yaitu warga tidak mampu yang dinyatakan oleh pihak RT, RW dan Kelurahan. Memiliki KTP DKI Jakarta sesuai domisili dan status tanahnya harus bersertifikat.

“Jadi, bantuan ini berasal dari warga dan disalurkan untuk yang kurang mampu. Kami berharap, rumah ini dirawat dan dimanfaatkan dengan baik sebagai ibadah dan mendoakan para muzakki (pemberi zakat) yang secara istiqomah telah menyalurkan hartanya,” ujarnya.

Tak hanya bantuan bedah rumah, dalam kesempatan itu, Eka menjelaskan, ada berbagai unggulan Baznas Bazis yang dapat diajukan permohonan oleh warga kurang mampu di Jakarta Timur. Salah satunya Program Masa Depan Jakarta dalam menyejahterakan di bidang pendidikan.

“Jadi bagi warga Jakarta yang sedang kuliah dan tidak mampu dapat mengajukan permohonan untuk dapat santunan dari kami,” imbuhnya.

Sementara itu, Fizrah Sa’diah Zahara, yang menerima manfaat program bedah rumah mengaku senang dan bersyukur.

"Sekarang dari peninggalan orang tua dapat bisa kembali dihuni dengan aman dan nyaman, terimakasih Baznas Bazis Jakarta Timur,” ucapnya. (AJ)