Bunda PAUD Monitoring Pembelajaran Transisi PAUD Ke SD Menyenangkan di SDN 01 Pulogebang

Jakarta Timur, (15/9/2023) - Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, melakukan monitoring kegiatan belajar mengajar di SDN 01 Pulogebang Pagi, Jalan Raya Pulogebang RT 03 RW 06 Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Jumat (15/9/2023).

Kegiatan monitoring ini dalam rangka Gerakan Tindak Lanjut pembelajaran transisi PAUD ke Sekolah Dasar menyenangkan. Hal itu diungkapkan Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar. 

“Saya harapkan transisi PAUD ke SD menyenangkan ini, yang merupakan program dari Kemendikbud Ristek Republik Indonesia di sekolah ini sudah dilakukan. Alhamdulilah tadi saat melihat langsung kegiatan belajar mengajar ternyata program tersebut sudah dilakukan di SDN 01 Pulogebang,” kata Diah. 

Dalam kunjungan itu, kehadiran Bunda PAUD disambut dengan tradisi Betawi palang pintu, pantun dan pemberian buket bunga dari perwakilan siswa-siswi SDN 01 Pulogebang.

Usai penerimaan, Bunda PAUD melakukan tinjauan langsung kegiatan belajar mengajar siswa di lantai 2 sekolah. Bunda PAUD juga sempat melakukan interaksi dengan para siswa. 

“Tadi anak-anak sedang belajar tentang ondel-ondel yang merupakan ciri khas budaya Betawi. Anak-anak senang dengan pembelajaran metode seperti itu, bukan langsung belajar membaca dan menulis, metode belajar seperti itu juga sangat diperlukan untuk perkembangan anak-anak,” lanjutnya. 

Selain itu, Diah mengapresiasi, metode program pembelajaran yang telah dicanangkan transisi PAUD ke SD menyenangkan. Sekaligus berpesan kepada para orang tua untuk ikut mendukung metode pembelajaran tersebut. 

“Saya berterima kasih kepada kepala sekolah dan para guru, serta Sudin Pendidikan Wilayah 1 Jakarta Timur juga sudah melakukan sosialisasi dengan baik metode dari Kemendikbud Ristek Republik Indonesia. Saya berpesan kepada para orang tua tidak usah ragu jika anak belum bisa berhitung atau membaca dari PAUD ke SD, karena pelajaran itu akan diberikan oleh guru kepada siswa sesuai dengan umurnya dan mereka akan berkembang sendiri dengan metode pembelajaran transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” tandasnya. (JS)