Antisipasi Bencana, 150 Tagana Jakarta Timur Ikuti Apel Kesipsiagaan di Sudin Sosial

Jakarta Timur, (18/9/2023) - Dalam rangka menghadapi fenomena alam El Nino dan persiapan menghadapi Fenomena La Nina, Suku Dinas Sosial (Sudinsos) Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar Apel Kesiapsiagaan Bencana. Sebanyak 150 personel Tagana Sudinsos dari 20 kecamatan se-Jakarta Timur mengikuti kegiatan yang dilaksanakan di Kantor Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Timur, Senin (18/9/2023). 

Apel Tagana dipimpin langsung Kepala Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta, Premi Lasari. Kegiatan juga dihadiri Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu, Ketua Tagana Provinsi DKI Jakarta Johnny Marlein Siahaan, Plt Kepala Suku Dinas Sosial Kota Administrasi Jakarta Timur, Abdul Salam, dan Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta Anggara Wicitra Sastroamidjojo. 

“Kegiatan apel ini dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana banjir di Bulan Desember hingga Januari. Hal ini kami lakukan sejak dini agar semua siap siaga dan segala personel petugas dan peralatan yang mendukung dalam proses membantu warga masyarakat dalam terjadi bencana,” kata Plt Sudinsos Kota Administrasi Jakarta Timur, Abdul Salam. 

Abdul Salam menambahkan, selama ini kesiapsiagaan para petugas dari tingkat kelurahan dan kecamatan berjalan baik. Apalagi pihaknya selalu memonitor seluruh petugas di lapangan. 

“Pesan saya terus meningkatkan kapasitasnya dalam rangka meningkatkan perlindungan kepada warga masyarakat terutama yang terdampak bencana,” ungkapnya. 

Usai apel, digelar pemberian materi dan arahan dari Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Provinsi DKI Jakarta Ika Yuli Rahayu. 

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi E DPRD Provinsi DKI Jakarta, Anggara Wicitra Sastroamidjojo, mengatakan Jakarta Timur memiliki wilayah yang luas, para petugas perlu siap siaga untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

“Karena setiap terjadi bencana Tagana merupakan garda terdepan, saat saya beberapa kali turun ke lapangan, kami melihat kerja Tagana cukup baik. Atas dasar itu kami menaruh perhatian kepada Tagana dan tahun ini seragam baju baru agar mereka bekerja lebih semangat lagi,” ungkapnya. (JS)