Kurangi Genangan dan Cegah Banjir, 17 Lokasi di Jakarta Timur Akan Dibangun Saluran Air 

Jakarta Timur, (10/10/2023) - Plt Asisten Perekonomian Pembangunan dan Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur, Eka Darmawan, memimpin rapat koordinasi membahas pelaksanaan pembangunan saluran, saluran penghubung dan kelengkapannya melalui sistem e-katalog tahap V tahun anggaran 2023, di Ruang Rapat IV Lantai 2 Blok A Kantor Walikota Jakarta Timur, Selasa (10/10/2023). Sebanyak 17 lokasi akan dikerjakan Suku Dinas Kota Administrasi Jakarta Timur tahun ini. 

Hadir dalam kegiatan Kepala Seksi Pembangunan Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Tengku Saugi. Selain itu, kegiatan juga dihadiri perwakilan kecamatan dan kelurahan serta para kepala seksi ekbang seluruh kelurahan yang akan dilakukan pembangunan saluran di 17 lokasi tersebut. 

"Ini memang perlu dilakukan koordinasi kerjasama baik dari pemerintah dan warga masyarakat, karena hasil pembangunan ini dari hasil Musrenbang dan ini akan direalisasikan pada tahun ini karena merupakan usulan kepentingan masyarakat," kata Eka. 

Selain itu juga, Eka menjelaskan, ada beberapa kendala dan permasalahan di lapangan. Karena itu, ia meminta ada sosialisasi kepada warga masyarakat terkait rencana pembangunan tersebut, agar terjadi optimalisasi pekerjaan saluran dan selesai tepat waktu, serta tidak terjadi masalah saat pelaksanaannya. 

"Setelah ini akan dilakukan sosialisasi dan pendekatan kepada warga bersama pengurus RW dalam menyelesaikan permalasahan yang terjadi dilapangan sebelum pelaksanaan saluran, dan masyarakat harus paham karena saluran ini memang usulan dan kebutuhan warga masyarakat jadi saya harap seluruh pihak mendukung kegiatan pembangunan saluran di 17 lokasi tersebut," ujarnya. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Timur, Tengku Saugi menjelaskan, pembangunan saluran akan dilaksanakan mulai 9 Oktober hingga 15 Desember 2023. 

"Sosialisasi pekerjaan saluran air bersama warga masyarakat dilakukan oleh kelurahan masing-masing dijadwalkan pada Minggu ini dan Minggu depan. Selain itu juga koordinator kontraktor akan bersurat juga ke RT dan RW terkait pembangunan saluran di 17 lokasi di wilayah Jakarta Timur. Mudah-mudahan masyarakat mendukung kegiatan ini karena ini merupakan usulan dalam Musrenbang dalam rangka mencegah dan menyelesaikan permasalahan genangan dan banjir di wilayah Jakarta Timur," ungkapnya. (JS)