SMPN 255 Jakarta Timur Raih Juara 1 LCCM Nasional 2023, Patahkan Kemenangan Beruntun Sulawesi Tengah

Jakarta Timur, (13/10/2023) – SMPN 255 Jakarta Timur yang mewakili Provinsi DKI Jakarta sukses meraih juara 1 Lomba Cerdas Cermat Museum (LCCM) Tingkat Nasional 2023. Keberhasilan SMPN 255 Jakarta Timur sukses memutus kemenangan juara tiga tahun beruntun yang diraih Provinsi Sulawesi Tengah melalui SMP Al-Azhar Palu.

Tim LCCM Provinsi DKI Jakarta dari SMPN 255 Jakarta Timur terdiri dari Rizki Adhi Permana, Arkana Adis Pratama, dan Ismail Permata Yorsandhi berhasil meraih Piala Bergilir dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Republik Indonesia serta mendapatkan hadiah uang pembinaan sebesar Rp35 juta. Mereka meraih skor tertinggi 3.450 poin, mengalahkan Aceh 3.000 dan D.I Yogyakarta 1.700 poin.

Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Timur, Berkah Shadaya, berharap sukses SMPN 255 Jakarta Timur dapat diikuti sekolah-sekolah lainnya di DKI Jakarta. Ia juga berharap gelar serupa dapat dipertahankan untuk lomba selanjutnya. 

“Harapannya semoga setelah mematahkan dominasi Provinsi Sulawesi Tengah dalam menjuarai Lomba Cerdas Cermat Museum Tingkat Nasional selama 3 tahun berturut-turut, Provinsi DKI Jakarta dapat mengirimkan wakil-wakil lain dalam lomba ini. Sekaligus juga dapat terus mempertahankan gelar juara dan juga dapat menjadi contoh bagi para pelajar lain di DKI Jakarta untuk terus meningkatkan dan memperluas wawasannya tentang sejarah dan permuseuman,” ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Sekolah SMPN 255 Jakarta Timur, Heru Purnomo, menjelaskan LCCM digelar di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia pada 12 Oktober lalu. 

“Ini merupakan suatu kemenangan seluruh pihak yang telah mendukung kami dalam ajang LCCM 2023. Kami berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan Sudin Kebudayaan Jakarta Timur, serta Asosiasi Museum para orang tua siswa yang telah menjadi semangat dan energi dalam mengikuti ajang LCCM 2023,” katanya. 

Untuk menghadapi lomba, Heru menjelaskan, timnya membutuhkan waktu tiga bulan persiapan. Dalam persiapan itu, mereka mendapatkan dukungan dengan menjalani 12 pertemuan dengan Asosiasi Museum yang membimbing seluruh peserta untuk LCCM Nasional 2023.

“Tentunya setelah kemenangan ini kami tentu akan mencoba mempertahankan dan mempersiapkan serta memilih peserta untuk diikutsertakan dalam LCCM 2024 nanti. Sekali lagi kami terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kegiatan ini sampai kami menjadi juara,” tutupnya. (JS)