Kelurahan Cawang Gelar Sosialisasi Kelurahan Tangguh Bencana

Jakarta Timur, (2/11/2023) – Sebanyak 20 anggota Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), RW, RT, tokoh masyarakat dan anggota karang taruna Kelurahan Cawang mengikuti kegiatan Kelurahan Tangguh Bencana dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta di Aula Serbaguna Kantor Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, Kamis (2/11/2023).

Kegiatan dibuka Plt Sekretaris Kelurahan Cawang, Edwin Rinaldo. Acara ini dilakukan sebagai antisipasi musim hujan dan terjadinya bencana banjir di wilayah Kelurahan Cawang.

“Saya menyambut sangat baik kegiatan ini, terima kasih atas atensi dari BPBD Provinsi DKI Jakarta dalam menyelenggarakan acara Kelurahan Tangguh Bencana tahun 2023,” kata Edwin.

Ia menjelaskan, di wilayahnya, ada tiga RW yakni RW 03, RW 05 dan RW 08 yang sering mengalami musibah bencana banjir di saat musim penghujan. Karena itu, mereka menghadirkan kegiatan dalam rangka menambah edukasi dan informasi dalam menghadapi bencana banjir, baik dalam kejadian ataupun setelah selesai kejadian bencana.

“Jadi para RW sudah mengetahui kepada siapa saja harus lapor jika terjadi bencana, baik meminta bantuan makanan, ataupun yang lainnya, dan cara mengevakuasi warga jika terjadi bencana, dan tempat mana saja yang bisa dijadikan tempat evakuasi warga terdampak musibah. Diharapkan semua yang hadir bisa berinteraksi kepada narasumber sehingga jika terjadi bencana warga bisa bertindak apa yang harus dilakukan,” ujarnya. (JS)