Pastikan Berfungsi Rumah Pompa Cakung Siap Kendalikan Banjir di Rawa Terate

Jakarta Timur, (14/11/2023) - Jajaran Kelurahan Rawa Terate melakukan peninjauan terhadap rumah pompa di Jalan Inspeksi Cakung Drain, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Selasa (14/11/2023). 

Peninjauan yang dipimpin langsung Lurah Rawa Terate, Jainudin, guna memastikan rumah pompa berfungsi dan petugas siap bekerja dengan baik selama 24 jam sebagai solusi pengendali banjir saat datangnya musim penghujan. 

Dalam tinjauannya, Jainudin melihat sejumlah kelengkapan sarana fisik yang meliputi sistem drainase, kolam retensi di sekeliling kawasan rumah pompa, dan pintu air yang dikelola secara bersamaan.

“Kita menindaklanjuti arahan Pak Wali dalam penanganan banjir disetiap wilayah. Termasuk rumah pompa, dalam pelayanan maksimal penanganan banjir dan Alhamdulillah tadi kita lihat langsung semuanya persiapan rumah pompa berjalan dan berfungsi dengan baik,” kata Jainudin kepada tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

Menurutnya, keberadaan rumah pompa di wilayahnya ini berdampak baik dan dirasakan langsung oleh warganya di RT 010 RW 05 Krama Yuda. Dimana lokasi tersebut merupakan wilayah rentan banjir akibat luapan air dari Kali Cakung Lama. 

“Jika terjadi hujan deras petugas siaga, jika alami ketinggian debit air langsung dilakukan penyedotan dan dibuang ke Kali Cakung Drain. Rumah pompa ini memiliki dua mesin penyedot dengan kapasita 300 liter perdetik dan 1.000 liter perdetik,” paparnya.

Ditambahkan Jainudin, pihaknya juga menggalakan pemeliharaan drainase atau saluran penghubung di wilayahnya dipastikan mengalir normal. Setiap harinya, petugas PPSU melakukan penyisiran seluruh saluran lingkungan warga.

”Kita harapkan juga kesadaran seluruh warganya untuk menjaga kebersihan lingkungan. Sehingga saat datangnya musim penghujan tidak alami penyumbatan hingga terjadinya luapan,” imbuhnya. 

Daniel, salah satu penanggung jawab rumah pompa Rawa Terate milik Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Jakarta Timur menjelaskan, pihaknya menyambut baik atas kunjungan Lurah Rawa Terate beserta jajarannya. Dirinya menjelaskan, pihaknya telah bersiaga 24 Jam.

”Dari bahan bakar solar dan logistik lainya semuanya berfungsi normal dan cukup baik,” ucapnya. (AJ)