Raih Penghargaan Peduli HAM, Pemkot Jakarta Timur Pastikan HAM Selalu Terjaga 

Jakarta Timur, (11/12/2023) - Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, menerima penghargaan Kabupaten/Kota peduli Hak Asasi Manusia (HAM), di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu (10/12/2023) malam. 

Penghargaan diterima bertepatan dengan Hari HAM sedunia ke-75 yang mengangkat tema ‘Harmoni Dalam Keberagaman’. Kota Administrasi Jakarta Timur meraih penghargaan dalam kategori penerapan kepedulian HAM, bersama empat Kabupaten/Kota lainnya, seperti Kota Mojokerto, Kabupaten Tapin, Kabupaten Purworejo, dan Kota Tasikmalaya. Sementara itu, Pemerintah Provinsi sebagai Instansi Pembina KKPHAM yang diberikan penghargaan, yaitu Provinsi DKI Jakarta, Banten, Bangka Belitung, D.I. Yogyakarta, dan Jawa Tengah.

Penghargaan diberikan langsung Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI), Yasonna H Laoly, kepada Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar. 

Walikota mengatakan, penghargaan merupaan hasil kerja keras bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam menyeterakan HAM, seperti menurunkan kasus perundungan atau bullying di sekolah, memberikan edukasi serta sosialisasi dalam berpolitik mengingat saat ini menjelang tahun politik. Program Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) menjadi faktor lainnya karena masyarakat dapat mengusulkan pembangunan atau menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, perlindungan hukum, hingga kesetaraan disabiltas dengan sarana dan prasarana yang ada di Jakarta Timur. 

“Tentunya kita selalu mengadakan koordinasi, pembinaan, pemberdayaan, tidak bisa kita mendapatkan apresiasi tanpa adanya program-program yang kita buat, capaian-capaian, contohnya kriminalisasi semakin berkurang, pendidikan memastikan tidak ada perundungan atau bullying pada anak-anak, narkoba, dan sebagainya tidak ada,” jelasnya. (AD)