Penanaman Cabai Serentak Bersama Pj Ketua TP PKK DKI Jakarta,  4.380 Bibit Cabai Ditanam di Jakarta Timur

Jakarta Timur, (19/1/2024) – Wakil Walikota Administasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, menghadiri Gerakan Tanam Cabai Serentak Bersama Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, Mirdiyanti Heru Budi Hartono melalui zoom meeting, Jumat (19/1/2024). Total sebanyak 4.380 bibit  pohon cabai ditanam di 82 lokasi di seluruh wilayah Jakarta Timur.

Lokasi penanaman serentak di DKI Jakarta digelar di Agroeduwisata Ragunan, Jakarta Selatan. Sementara lokasi utama penanaman cabai di Jakarta Timur dilakukan di Komplek Lapan, RT 07 RW 09 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo.

“Untuk Jakarta Timur, hari ini melakukan penanaman cabai sebanyak 4.380 bibit cabai dari 82 Lokasi penanaman cabai serentak. Tentunya, untuk Jakarta Timur penyebaran bibit cabai sudah sampai ke rumah ibadah, ruang terbuka Hijau, Taman, RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) dan yang lainnya,” kata Wakil Walikota.

Komplek Lapan Kelurahan Pekayon dipilih sebagai tempat utama penanaman cabai di Jakarta Timur karena mereka menjadi yang terbaik sebagai RW Proklim Tingkat Nasional 2023.

“Untuk Jakarta Timur memilih dilaksanakan kegiatan penanaman cabai di Komplek Lapan RW 09 Kelurahan Pekayon karena mereka terpilih menjadi yang terbaik RW Proklim Tingkat Nasional 2023. Selain itu juga, Kelurahan Pekayon menjadi terbaik Poktan Tingkat Nasional,” jelasnya.

Dalam kegiatna itu, Wakil Walikota didampingi Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Eka Darmawan, Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Ade Bahar, Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian Kota Administrasi Jakarta Timur Ali Nurdin, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Administrasi Jakarta Timur Djauhar Arifin, dan Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur Eko Gumelar.

Di hari yang sama, tak hanya penanaman cabai, Iin menjelaskan, Jakarta Timur juga melakukan penyemaian cabai sebanyak 26 ribu pohon, dengan total 12 ribu yang ditanam.

“Sampai hari ini, kami sudah melakukan penanaman bibit cabai sebanyak 42.800 bibit yang tersebar di wilayah Jakarta Timur. Pada Maret mendatang akan dilakukan panen bersama menjelang Idul Fitri dalam rangka menekan inflasi dan harga cabai menjelang Idul Fitri,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua RW 09 Pekayon, Purn.Mahfud, mengatakan program penanaman cabai dinilai bermanfaat untuk masyarakat untuk membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seperti Lebaran Idul Adha 2023 saat penanaman cabai bersama Bank Indonesia, ada 300 tanaman cabai yang ditanam di wilayahnya.

“Diharapkan cabai yang ditanam hari ini juga bisa dipanen saat jelang Lebaran Idul Fitri nanti, Sehingga warga juga dapat menikmatinya nanti,” ucapnya. (JS)