Jelang Ramadhan, Walikota Pimpin Bersih-Bersih Di KBT

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, memimpin kerja bakti di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Jalan Inspeksi Sisi Utara RT 008/RW 06, Kelurahan Cipinang Besar Selatan, Kecamatan Jatinegara, Minggu (21/5). Kegiatan rutin mingguan ini, sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1437 H/2016 M.

Sebanyak 150 petugas gabungan dilibatkan pada aksi kebersihan ini. Mereka berasal dari unsur  Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Sudin Pertamanan dan Pemakaman, Sudin Tata Air, Sudin Bina Marga dan Satpol PP. Hadir pula para Lurah se-Kecamatan Jatinegara dan masyarakat.

Adapun titik fokus kerja bakti yaitu membersihkan sampah yang ada di sepanjang kawasan KBT. Baik yang ada di jalan Inspeksi Sisi Utara dan Selatan, trotoar hingga tebing dan trase kering KBT. Selain itu, rumput dan ilalang di sepanjang tebing KBT juga dibersihkan.

Walikota mengatakan, kerja bakti dilakukan dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramdhan, agar kawasan KBT bersih, aman dan tertata rapih. Selain itu mengajak masyarakat agar turut peduli menjaga kebersihan lingkungannya setiap minggu

“Kerja Bakti disini tujuannya itu persiapan dalam menyambut Ramadhan. Jika hari Senin-Jumat bagian tanggungjawab PPSU maka Sabtu dan Minggu giliran masyarakat yang peduli BKT untuk membersihkan sampah dan rumput ilalang," kata Walikota.

Walikota menambahkan, di sepanjang jalan sisi utara BKT tersebut nantinya akan ditanamkan tanaman serta pohon produktif. "Tadi Pak RW meminta izin kepada saya kalau di pinggiran sisi Utara BKT ini ingin ditanami tanaman hias juga 50 bibit kelapa sawit yang dikirimkan langsung dari Kepulauan Riau melalui swadaya masyarakat," tambahnya.

Menurutnya hal tersebut bentuk inisiatif positif guna menghindari pedagang kaki lima yang setiap malamnya berjualan di sepanjang jalan dengan meresahkan masyarakat setempat.

Sementara itu Ketua RW 06 Jalan Inspeksi Sisi Utara Kelurahan Cipinang Besar Selatan H. Muhammad Ayay Rusmala mengatakan adanya tanaman serta pohon tersebut selain memperindah kawasan juga menghilangkan PKL yang setiap malamnya kerap mengganggu masyarakat. "Dengan adanya tanaman dan pohon kelapa sawit nantinya diharapkan mampu mengurangi para PKL yang berjualan disisi jalan ini yang merupakan keresahan warga, untuk itu saya berterima kasih kepada Pak Wali yang telah mengizinkannya untuk memanfaatkan lahan itu," katanya.

Sebelum ke KBT, Walikota melakukan penanaman sebanyak 100 pohon produktif di kawasan Cililitan. “Tadi juga kita lakukan penanaman pohon mahoni dilokasi yang telah di tertibkan Minggu lalu di Cililitan. Dengan ini semakin bertambah RTH yang dimiliki wilayah Jakarta Timur. Dan ini merupakan bentuk perduli terhadap lingkungan," jelasnya.

Pada kesempatan ini Walikota menghimbau mengingat bahwa sudah memasuki Bulan Suci Ramadhan perlu ditingkatkan pengawasan keamanan lingkungan. “Selain dalam Rakoor sudah di bahas mengenai keamanan di titik rawan menghadapi bulan Ramadhan, dengan kerja bakti ini saya himbau kepada seluruh warga RW 06 dan seluruh masyarakat Jakarta Timur khususnya untuk membantu dalam mengawal jalannya ibadah puasa agar tentram, tertib juga aman untuk mengurai kenakalan remaja," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)