Wakil Walikota Jakarta Timur Tinjau Relokasi TPS Terendam Genangan di Rawa Terate

Jakarta Timur, (14/2/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, meninjau Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tergenang, di RT 016 RW 04 Kelurahan Rawa Terate, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur, Rabu (14/2/2024).

Iin menjelaskan, ada 3 TPS yakni TPS 48, TPS 49, dan TPS 50 yang tergenang akibat intensitas hujan sejak Selasa (13/2/2024) hingga Rabu (14/2/2024) malam, sehingga pihak Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) merelokasi 3 TPS tersebut ke lokasi yang tidak tergenang namun masih di lokasi RT/RW yang sama.

“Kita meninjau 3 TPS yang tadi terendam air pada saat hujan besar, dan alhamdulillah sudah dipindahkan. Memang ada penundaan waktu dalam pemungutan suara, tetapi Ketua PPK sudah memberikan solusi ketika warga sebelum jam 12 sudah mendaftar lebih dulu, sehingga pada saat nanti melewati waktu pemilihan jam 1 siang itu masih dimungkinkan dengan secara ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Ia menyampaikan, dalam peninjauan TPS tergenang tersebut juga sekaligus meninjau penanganan genangan atau banjir tersebut oleh petugas Sumber Daya Air (SDA) dan petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelelamatan (Gulkarmat) sehingga proses pemilihan atau pemungutan suara berjalan lancar.

“Masyarakat rumahnya sudah tidak tergenang lagi, tapi menyisakan sampah. Teman-teman dari SDA dan Damkar sudah melakukan pembersihan sampah-sampah yang ada di kali dan lumayan banyak sampahnya. Menurut saya kita harus fokus terhadap lingkungan ketika pasca banjir dampaknya sampah, dan kita sudah relokasi TPS yang semula terendam pada saat hujan besar sehingga sudah bisa digunakan oleh masyarakat. Alhamdulillah secara umum pelaksanaan berjalan lancar,” jelasnya. (AD)