Baznas Bazis Bersama Kemenag Jakarta Timur Tandatangani MoU Penghimpunan ZIS 2024

Jakarta Timur, (8/3/2024) - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Bazis Kota Jakarta Timur bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta Timur melakukan penandatanganan kerjasama nota kesepahaman (MoU) dalam rangka mengelola pengumpulan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) di Jakarta Timur, Kamis (7/3/2024).  

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Kota Administrasi Jakarta Timur, Acmad Salahuddin, menjelaskan, kerjasama itu nantinya akan disosialisasikan ke seluruh Yayasan Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren hingga Madrasah Negeri dan Swasta hingga KUA di Jakarta Timur.

“Alhamdulillah, kita sudah jalin kerjasama dalam berkomitmen  untuk meningkatkan Ukhuwah Islamiyah, yaitu bersama dalam melakukan aksi galang gotong royong dengan bersedekah dari umat dan untuk umat," kata Acmad saat dikonfirmasi, Jumat (8/3/2024).

Menurutnya, kegiatan penandatanganan MoU ini sejalan dengan Seruan Gubernur Nomor 15 tentang Gerakan Zakat, Infak/Sedekah, Amal Sosial bahwa Bazbas (Bazis) Provinsi DKI Jakarta yang menjadi dasar bagi pemerintah untuk melalukan penghimpunan dana ZIS oleh Baznas Bazis. Dana ini sendiri telah banyak membantu kebutuhan masyarakat dengan program-program seperti bedah rumah, bantuan berobat, bantuan tunggakan sekolah, tebus ijasah, serta masih banyak yang lainnya.

“Saya mengucapkan terima kasih setinggi-tingginya dan apresiasi kepada Kementerian Agama Kota Administrasi Jakarta Timur yang telah berkenan untuk bekerja sama dengan Baznas (Bazis) Kota Administrasi Jakarta Timur dalam penghimpunan Zakat, Infak dan Sedekah yang dimana ZIS  tersebut akan disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerima," tambahnya.

Koordinator BAZNAS Bazis Kota Jakarta Timur, Eka Nafisah, mengaku senang adanya kerjasama dalam penghimpunan ZIS Jakarta Timur. Hasil dari musyawarah telah diputuskan target ZIS Kementerian Agama Kota Jakarta Timur sebesar Rp400 juta.

“Semoga ini dapat terjalin komunikasi efektif dan tercapainya ZIS Jakarta Timur sebesar Rp85.500.0000.000,” ungkapnya. (AJ)