Tekan Angka Kasus DBD, Ketua PKK Kecamatan Pasar Rebo Lakukan Sidak PSN

Jakarta Timur, (19/4/2024) - Dalam rangka menekan angka kasus demam berdarah dengue (DBD) di wilayah Kecamatan Pasar Rebo, jajaran kecamatan bersama ketua PKK, Maria Dewi Mujiono, dan jumatik Kecamatan Pasar Rebo melaksanakan kegiatan Sidak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN), Jumat (19/4/2024). Sidak dilakukan di RW 10 dan RW 11, Kelurahan Cijantung, Kecamatan Pasar Rebo.

“Adapun lokasi yang dilakukan sidak PSN di RT 03 RW 11 dan RT 06 RW 10 Kelurahan Cijantung,” kata Maria yang didampingi Ketua PKK Kelurahan Cijantung Wina Ismawati.

Menurut Maria, Kecamatan Pasar Rebo rutin melakukan PSN, dua kali dalam seminggu, setiap Selasa dan Jumat. Mereka juga menggalakan 4M, yakni menguras bak mandi, menutup penampungan air, membuang barang bekas dan memantau jentik nyamuk pada lingkungan masing-masing warga.  

“Kami juga meminta kader Jumantik mandiri terus diaktifkan kembali,” ujarnya. 

Sementara itu, Ketua Kader PKK Kelurahan Cijantung, Wina Ismawati Suharyono, mengungkapkan terima kasih atas kehadiran Ketua PKK Kecamatan Pasar Rebo ke wilayah Kelurahan Cijantung. Ia berharap kehadiran mereka dapat meningkatkan kinerja kader Jumantik hingga terus maksimal dalam mencegah kasus DBD.

Untuk kasus DBD di Kelurahan Cijantung sendiri saat ini ada lima kasus, yakni 2 kasus di RW 02, 2 kasus di RW 03, dan 1 kasus di RW 10. 

“Semoga dengan terus dilakukannya PSN rutin seminggu 2 kali, dan harapannya setiap rumah juga menjadi kader Jumantik mandiri agar bisa memantau terutama di rumahnya masing-masing agar mencegah terjadinya kasus DBD serta menekan angka kasus DBD diwilayah Kelurahan Cijantung,” jelasnya. (JS)