Dibuka Walikota, Lebaran Cipayung 2024 Diwarnai Berbagai Tradisi Betawi

Jakarta Timur, (4/5/2024) – Pembukaan Lebaran Cipayung 2024 oleh Walikota Administrasi Jakarta Timur, M. Anwar, di Agrowisata Cilangkap, Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Cipayung, Sabtu (4/5/2024), diwarnai dengan berbagai tradisi Betawi. Festival yang diinisiasi Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Timur dan Karang Taruna Kecamatan Cipayung digelar selama dua hari, Sabtu dan Minggu, 4-5 Mei. 

Walikota hadir bersama dengan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Timur, Diah Anwar, di lokasi Lebaran Cipayung dengan menggunakan delman dari RPTRA Garuda. Kehadiran keduanya disambut tradisi palang pintu bersama para undangan lainnya.

Usai pembukaan dengan penabuhan bedug, acara dilanjutkan dengan tradisi nyorog. Tradisi khas Betawi, pemberian rantangan berisi makanan khas betawi kepada keluarga atau kerabat, Tradisi ini dilakukan Camat Cipayung Panangaran Ritonga dan Ketua PKK Kecamatan Cipayung Zakiyah Ritonga, serta para lurah se-Kecamatan Cipayung kepada Walikota.

“Saya ucapkan selamat dan apresiasi untuk Lebaran Cipayung ini berjalan dengan baik lancar dan sukses, dan yang paling saya suka Karang Taruna dilibatkan dalam kegiatan Lebaran Cipayung untuk pemberdayaan masyarakat, dan respon saya di tahun lalu di respon dengan baik dari bapak Camat Cipayung,” kata Walikota.

Ia juga berharap Lebaran Cipayung bisa meningkatkan harkat dan martabat warga masyarakat serta turut membantu mendongkrak usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kecamatan Cipayung. Selain juga untuk melestarikan seni dan Budaya Betawi.

“Terkait pendataan omset UMKM, wajib ada monitoring dan evaluasi untuk memastikan perekonomian apakah sudah berjalan dengan baik, atau belum. Jika ada yang kurang apa kekurangannya agar bisa kita evakuasi lebaran Cipayung berikutnya, agar ke depannya Lebaran Cipayung menjadi lebih baik lagi,” ungkapnya.

Pembukaan Lebaran Cipayung juga diwarnai pemberian santunan kepada anak yatim dari Baznas Bazis Jakarta Timur Walikota dan Ketua TP PKK Jakarta Timur yang didampingi Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah. Dilakukan juga pemberian makanan tambahan (PMT) kepada anak terindikasi stunting, serta pemberian kursi roda kepada warga dari Sudin Sosial Jakarta Timur.

Camat Cipayung, Panangaran Ritonga, menjelaskan lebih detil terkait Lebaran Cipayung yang menampilkan berbagai tradisi budaya Betawi, salah satunya seperti tarian uncul, tarian khas budaya Betawi di Cipayung. Ada juga gambang kromong, bodoran dan kegiatan seni lainnya.

Sementara itu, jumlah UMKM yang tersedia mencapai 250 stand, 175 stand diantaranya dari UMKM warga Kecamatan Cipayung. Sementara 75 tenda disediakan untuk binaan Sudin Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM), Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), Sudin Kebudayaan, Sudin Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf), PKK dari 8 kelurahan se-Kecamatan Cipayung, PKK Kecamatan, rumah adat untuk delapan kelurahan, rumah adat Kecamatan Cipayung, dan rumah adat Tokoh masyarakat Kecamatan Cipayung, 

“Saya berharap dari kegiatan UMKM yang diperjualbelikan dapat memajukan ekonomi warga masyarakat khususnya warga Kecamatan Cipayung,” harapnya. (JS)