Wakil Walikota Pimpin Rapat Koordinasi BPJS ketenagakerjaan Terkait Kepesertaan Penyelenggara Pemilu

Jakarta Timur, (8/5/2024) - Wakil Walikota Administrasi Jakarta Timur, Iin Mutmainnah, memimpin Rapat Koordinasi dan Monitoring Evaluasi dari BPJS Ketenagakerjaan se-Jakarta Timur, di Gedung Serbaguna Blok C, Kantor Walikota Jakarta Timur, Rabu (8/5/2024). 

Kegiatan membahas perlindungan jaminan sosial kepada petugas adhoc KPU Kota Administrasi Jakarta Timur. Rapat diikuti 100 peserta, terdiri dari perwakilan dari 10 kecamatan, 65 kelurahan, Bagian Perekonomian Sekretariat Kota Administrasi Jakarta Timur, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jakarta Ceger, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pulogebang, dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rawamangun. 

"Ada dua pembahasan yang disampaikan dalam rapat koordinasi ini, yang pertama menyamakan persepsi instruksi dari Presiden. Kedua untuk memberikan perlindungan kepada petugas penyelenggara Pemilu. Terkait menjaga aman dan nyaman disaat menjalankan kerja sebagai petugas penyelenggara Pemilu, untuk Jakarta Timur memang belum melakukan itu hanya memberikan santunan saja dari KPU. Mulai hari ini kami akan melakukan pendataan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan," kata Wakil Walikota. 

Wakil Walikota menambahka , dari pihan BPJS Ketenagakerjaan sudah dijelaskan manfaat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. "Walaupun tugasnya nanti hanya dua minggu, jika sudah menjadi kepesertaan menjadi aman dari cover jika terjadi kecelakaan kerja," ungkapnya.
Dari data yang ada, petugas PPK kecamatan dan kelurahan, Bawaslu dan KPU diperkirakan mencapai 30 ribu orang dalam penyelenggaraan Pilkada mendatang. 

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun, Deni Yusyulian, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur. Dirinya mendorong agar para penyelenggaraan Pemilu, ikut tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan. 

"Jadi harapan kami semua petugas penyelenggaraan pemilu tergabung dalam BPJS Ketenagakerjaan.  Hari ini kita coba di Jakarta dan di Jakarta Timur yang pertama anggota penyelenggara Pemilu tergabung dalam kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya. (JS)