30 Warga Ikuti Layanan Restorasi dan Digitalisasi Arsip

Jakarta Timur, (17/9/2024) – Sebanyak 30 warga mengikuti kegiatan Layanan Restorasi dan Digitalisasi Arsip Keluarga, di RPTRA Susukan Ceria, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (17/9/2024). Para peserta merupakan para pengurus dari 7 RW di Kelurahan Susukan, Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM). 

Kegiatan yang diinisiasi Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip (Sudin Perpusip) Kota Administrasi Jakarta Timur dibuka langsung Kepala Sudin Perpusip, Komiasih. Hadir juga dalam kegiatan itu, Lurah Susukan, Andri Priwitama Maila.

“Kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan pengetahuan pentingnya digitalisasi arsip bagi keluarga, arsip dokumen, di antaranya akte lahir, ijazah, kartu keluarga, sertifikat rumah, atau surat berharga lainnya,” jelasnya.
Andri berharap kegiatan tersebut tak hanya memberikan pengetahuan kepada warga Kelurahan Susukan, tapi para peserta juga bisa mensosialisasikan ke warga sekitarnya agar mendigitalisasikan surat berhaganya ke Sudin Perpusip Jakarta Timur.

“Untuk agar lebih amannya melakukan digitalisasi ketika hilang bisa meminta salinannya dan masih ada bukti dari digitalisasi sehingga proses untuk pengurusan kehilangan lebih cepat,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Sudin Perpusip, Komiasih menjelaskan, Layanan Restorasi dan Digitalisasi Arsip Keluarga digelar selama dua hari, 17-18 September di RPTRA Susukan Ceria. Gelaran dua hari tersebut diikuti 60 peserta, masing-masing 30 peserta per harinya. 

“Peserta pertama hari ini pengurus RW, LMK, FKDM, sedangkan untuk hari kedua, kader PKK Kelurahan, kader PKK RW, dan Koordinator Kader Dasawisma. Maksud kegiatan ini sendiri untuk meningkatkan kesadaran masyarakat penataan arsip keluarga, pada masyarakat. Sedangkan Tujuannya untuk meningkatkan tertib arsip keluarga, untuk kemudahan temu kembali arsip dengan cepat dan tepat,” ungkapnya. (JS)