Informasi Dari Qlue, Walikota Pimpin Penanganan Banjir Di Kalisari

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin aksi kebersihan Minggu pagi di Jalan Kenanga, Gg Gardu RT 005/RW 02 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo, Minggu (17/7). Kegiatan ini untuk merespon informasi dari masyarakat melalui aplikasi Qlue yang melaporkan kerap terjadinya banjir saat turun hujan di lokasi tersebut.

"Ini upaya respon cepat ya dalam menanggapi keluhan warga. Dimana lokasi ini sering terjadinya genangan hingga banjir 10 hingga 20 sentimeter, meskipun dilokasi ini sudah ada resapan air," kata Walikota di lokasi.

Walikota menambahkan, dalam tinjauannya dengan cara pengerukan saluran penghubung yang dilakukan dilokasi tersebut ternyata debit air yang mengalir tidak normal. "Ternyata setelah dikeruk saluran yang ada penuh dengan sampah dan pasir yang mengumpul. Juga terdapat hambatan sisa pengecoran jalan jadi saluran ini tidak berfungsi," tambahnya.

Melihat permasalahan ini, Walikota meminta kepada Suku Dinas Tata Air untuk segera membuat sodetan yang menghubungkan ke saluran Kali BB Kenanga.  "Saya meminta kepada Sudin Tata Air untuk segera membuat sodetan yang menghubungkan ke Kali BB Kenanga. Jadi sudah kita gambarkan ukuranya melalui musyawarah warga," paparnya.

Kendati demikian, Walikota menghimbau kepada seluruh warga untuk perduli terhadap  kebersihan lingkungan. "Selain tadi banyak tumpukan sampah dan pasir di saluran yang kita keruk. Saya harap warga yang di Pimpin RT/RW untuk perduli dengan lingkungan. Ciptakan kondisi bersih dan aman agar wilayah ini tidak terkena wabah penyakit dan bencana banjir," imbuhnya.

Sementara itu H. Gatong Slamet selaku Ketua RW 02 Kelurahan Kalisari mengatakan, pihaknya sangat senang dengan direspon cepatnya laporan masyarakat oleh Pemkota Jakarta Timur.

"Saya sangat senang dengan kehadiran langsung Pak Wali dalam merespon laporan warga melalui Qlue ini. Juga dengan ini merupakan sentuhan yang membangkitkan semangat warga dalam bergotong royong. Yang tadinya masih merem dengan Pak Wali terjun langsung warga jadi bangun. Kedepannya akan kita lakukan terus rapat musyawarah RT/RW mengenai himbaunya Pak Wali dalam perduli keamanan dan kebersihan lingkungan," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)