Pj Gubernur DKI Dukung Uji Coba Pemberian Makanan Bergizi Gratis di SMKN 26 Jakarta

Jakarta Timur, (21/10/2025) – Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi, menyalurkan makanan bergizi gratis, di SMKN 26 Jakarta, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Jakarta Timur, Senin (21/10/2024). Ujicoba makanan bergizi gratis menyediakan 1.600 paket makanan untuk makan siang para murid.


Hadir mendampingin Pj Gubernur, Walikota Administrasi Jakarta Timur M. Anwar, Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah DKI Jakarta Sri Haryati, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, beserta jajaran lainnya. 

Pj Gubernur menjelaskan, paket makanan berisi nasi putih, ayam teriyaki, telur dadar, tahu goreng, sayur, dan buah pisang. Menu satu boks bernilai Rp25.000, dengan total kalori 758 Kkal. Menu makanan bergizi hasil kerjasama dengan PT. Food Station Cipinang Jaya dan PT. Jakarta Toursindo.

“Sebanyak 1.600 paket makanan bergizi yang telah disiapkan oleh PT Food Station Cipinang Jaya bekerjasama dengan PT Jakarta Tourisindo untuk dibagikan kepada  siswa-siswi SMKN 26 Rawamangun, Jakarta Timur dengan nilai per porsi harganya Rp25.000,” ujarnya.

Ujicoba dilakukan guna  mendukung program pemberian makan siang bergizi secara gratis. Upaya yang bertujuan untuk pemenuhan gizi masyarakat, yang diawali dengan siswa-siswi yang nantinya akan berkembang ke sekolah swasta, pondok pesantren hingga ibu hamil.

“Ini merupakan program untuk mendukung program pemerintah terkait program makan bergizi gratis, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan gizi sesuai," tuturnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kemasan makan bergizi dikemas dengan kotak kertas layak pangan. Nantinya, pengolahan sampah dari kotak kertas layak pangan akan dikelola bank sampah terdekat, binaan Suku Dinas Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur.

“Jadi makanan ini dikemas dengan paper box food grade (kotak kertas layak pangan) dan pengolahan sampah kita lakukan kerjasama dengan bank sampah terdekat di bawah koordinasi dari Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Timur, minimalisir plastik,” ungkapnya.

Sementara itu, Kartika Triwulandari, siswi XII SMKN 26 Jakarta mengaku, menu makanan bergizi yang diberikan setelah dimakan rasanya enak, dengan beberapa menu yang bergizi. Ia pun berharap program pemberian makanan bergizi gratis tersebut terlaksana di semua daerah.

“Enak, ada ayam, ada telur, ada sayurannya juga saladnya. Harapannya semoga terlaksana di semua daerah,” ungkapnya. (AD)