Walikota Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi E-Jadwal

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka Sosialisasi Optimalisasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi E- Jadwal, di Ruang Pola Lantai 2 Blok A Kantor Walikota, Selasa (19/7). Kegiatan yang diadakan Bagian Umum dan Protokol Jakarta Timur ini dihadiri para pimpinan SKPD/UKPD, Camat dan Lurah di lingkungan Pemkot Jakarta Timur.

Selain Walikota, tampak hadir Sekretaris Kota Jakarta Timur Jayadi, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Syofian Taher dan Kepala Bagian Umum dan Protokol Jakarta Timur Budi Awaludin.  Walikota mengatakan, pembuatan aplikasi e-jadwal ini untuk mengoptimalisasi pelayanan publik di Jakarta Timur.

Aplikasi yang dapat diunduh di playstore melalui handpbone berbasis android ini akan mempermudah dalam mengakses jadwal acara di lingkungan pemkot Jakarta Timur. “Saat ini kita sudah memasuki jaman cyber dan ini sangat positif ya. Nah dengan adanya E-Jadwal ini kedepanya seluruh kegiatan yang ada di Jakarta Timur sendiri menjadi mudah,” kata Walikota.

Walikota menjelaskan, selain dapat di akses dengan mendownload di play store bagi pengguna handphone berbasis Android, e-jadwal juga dapat dibuka di webseit www.ejadwal-jakartatimur.com untuk menginput segala kegiatan.

“Jadi kalo di provinsi memiliki Jakarta Smart City , Jakarta Timur sendiri memilki E-Jadwal, sehingga segala kegiatan Pemerintah Kota seluruhnya mampu terlihat disini. Ini manfaatnya sudah jelas, efisiensinya juga sangat mempermudah saya sangat setuju,” jelasnya.

Bambang mengungkapkan, aplikasi e-jadwal yang diluncurkan ini merupakan hasil dari proyek perubahan peserta Diklatpim IV angkatan 97, Watini, SE yang menjabat sebagai Kasubbag Protokol di Bagian Umum dan Protokol Kota Administrasi Jakarta Timur. “E-jadwal merupakan hasil inovasi peserta Diklatpim IV yang sangat bermanfaat bagi SKPD/UKPD di lingkungan Pemkot Jakarta Timur,” ujar Walikota.

Menurutnya,  seluruh SKPD /UKPD yang akan menyelenggarakan suatu kegiatan diwajibkan untuk menginput secara mandiri melalui aplikasi atau website yang telah disediakan tersebut dengan memasukan user name dan password yang telah ditentukan. ”Selain kegiatan yang telah dicantumkan di aplikasi ini juga bisa memesan ruangan tempat pelaksanaan kegiatan berikut kelengkapanya, dapat melihat jadwal kegiatan yang ada di Kota Adminstrasi Jakarta Timur secra keseluruhan dalam periode harian bulanan dan tahunan,” tambahnya.

Walikota meminta para Camat, Lurah dan Kepala unit kerja dapat memanfaatkan e-jadwal yang dibangun oleh Bagian Umum dan Protokol Jakarta Timur.  “Para Lurah, Camat dan Kepala Unit dengan ini dinformasikan untuk dapat memanfaatkan aplikasi mulai dari proses penginputan sesuai panduan SOP,” ujarnya.

Senada dengan Walikota, Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar menyambut baik diluncurkannya e-jadwal. “Era saat ini sudah memasuki digital semua sudah dapat mengakses dengan mudah melalui teknologi,” ujarnya.

Menurut Rudy, di era teknologi digital  seperti saat ini, segala sesuatunya sudah menggunakan sistem  elektronik, seperti ada E-Budgeting, E-Katalog, E- Absensi, E-KTP dan sebagainya. Dirinya pun sanat mendukung diluncurkannya  aplikasi e-jadwal, karena selain simpel dapat dengan mudah digunakan.

“Harapan kedepanya program aplikasi ini mampu dipergunakan dengan cepat sehingga menjadi kepentingan bersama,” ujarnya.

Rudy juga berharap, aplikasi ini bukan hanya sekedar proyek saja, namun dapat dikembangkan terus-menerus.  “Untuk saat ini kan masih tingkat kota. Jadi diharapkan aplikasi ini bisa segera mungkin diteruskan ditingkat kecamatan dan kelurahan untuk bisa menginput kegiatan yang tujuanya untuk kepentingan bersama,” pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)