Tiga WNA Terjaring Operasi Biduk Di Apartemen Gading Icon

Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur kembali menggelar Operasi Bina Kependudukan (Biduk), di Apartemen Gading Icon RW 11, Kelurahan Pulogadung, Kecamatan Pulogadung, Rabu malam (3/8). Kegiatan yang langsung dipimpin Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Timur Jayadi tersebut, berhasil menjaring sedikitnya tiga Warga Negara Asing (WNA) serta delapan warga yang KTP-nya tidak sesuai tempat domisili atau tinggal

Jayadi mengatakan, operasi  Biduk ini terfokus untuk menertibkan data kependudukan penghuni apartemen. Dalam hal ini, pihaknya melibatkan phak Kantor Imigrasi Kelas I Jakarta Timur untuk menindak apabila menemukan warga negara asing yang terjaring dalam razia tersebut.

"Hasilnya kami menemukan tiga orang WNA yang tidak memiliki kelengkapan surat-surat dan delapan orang warga lainnya yang KTP-nya tidak sesuai dengan domisili saat ini," kata Sekko usai penyisiran.

Sekko menegaskan, kepada warga yang KTP-nya tidak sesuai dengan domisili, langsung diarahkan petugas untuk dibuatkan KTP. Sementara itu khusus bagi WNA  akan diserahkan kepada pihak Imigrasi yang memiliki kewenangan.

"Intinya, operasi ini sendiri dilakukan untuk menciptakan tertib kependudukan bagi seluruh warga Jakarta," tegasnya.

Menurutnya, selain meningkatkan pemahaman akan pentingnya administrasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan administrasi kependudukan, operasi Biduk sekaligus menjadi upaya pengendalian arus urbanisasi di Provinsi DKI Jakarta dalam rangka menuju Kota Jakarta yang aman dan nyaman. Untuk mewujudkan tertib kependudukan, pihaknya langsung mengerahkan seluruh petugas yang ada untuk melakukan pendataan. Adapun warga yang domisili KTP-nya tidak sesuai dengan tempat tinggal akan langsung difasilitasi.

"Ada beberapa warga yang domisili KTP-nya masih di daerah lain diantaranya warga Medan, Purwokerto dan Mataram. Kami akan melakukan pendataan terlebih dahulu, setelah itu baru bisa mengurus KTP-nya di kantor kelurahan," ungkapnya.

Sementara itu, Zaenal Abidin selaku Ketua RW 11 Kelurahan Pulogadung mengakui, pihaknya mendukung kegiatan Operasi Biduk yang dilakukan oleh Pemkot Jakarta Timur.

“Operasi Bina Kependudukan yang dilakukan oleh Pemkot ini sangat bagus ya. Selain melihat kesiapan para pengurus RT/RW khususnya di Gading Icon Apartemen ini. Ternyata hasilnya masih adanya warga yang tidak memiliki identitas KTP Jakarta, sehingga kita mendata dan memberikan Surat SKDS," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bentuk upaya pembenahan dalam mewujudkan kesadaran masyarakat akan administrasi kependudukan. "Selain positif, ini bentuk dukungan motivasi kita untuk membenahi Pemerintah dalam masalah data kependudukan warga kita yang masih belum tertib," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)