Walikota Masuk Gorong-Gorong Saat AKMP Di Rawamangun

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin Aksi kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Jalan Rawamangun Muka Selatan I RT 007/RW 013 Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Minggu (7/8). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang terus dilakukan pada Minggu pagi secara keliling di seluruh wilayah Jakarta Timur.

Pada aksi kebersihan Minggu pagi tersebut, sedikitnya menerjunkan satu unit truk sampah dan 150 petugas gabungan dalam upaya mewujudkan lingkungan bersih dan rapih. Diantaranya, petugas PPSU Kelurahan dan Kecamatan, PHL dari Sudin Tata Air, Bina Marga, Pertamanan, Kebersihan,  Sudin Kominfomas dan Pejabat Pemkot Jakarta Timur serta masyarakat setempat.

Usai memimpin apel AKMP, Walikota langsung melakukan penyisiran yang didampingi Lurah Rawamangun serta Ketua RW 013 guna pengecekan saluran penghubung. Terpantau banyaknya tumpukan sampah serta tebalnya sedimen didalam saluran PHB tersebut.

Walikota mengatakan, kegiatan Aksi Kebersihan Minggu Pagi ini difokuskan terhadap saluran penghubung di Jalan Rawamangun Muka Selatan I yang terhambat akibat banyaknya tumpukan sampah.

"Selain sampah juga ini akibat sedimentasinya yang cukup tebal. Sehingga sering terjadi genangan saat hujan sekitar 10 hingga 15 Sentimeter. Nah saat ini kita bongkar bak kontrolnya serta kita lakukan pengerukan agar aliran air kembali lancar," kata Walikota.

Menurutnya, seluruh warga untuk memperhatikan kebersihan lingkungan dengan pola hidup sehat dan bersih. " Saya minta warga RT/RW perhatikan kebersihan lingkungan sekitarnya. Jangan hanya diatas jalanan saja yang dibersihkan. Tapi saluran pun lebih penting, karena selain banjir juga mengurai bahaya wabah penyakit seperti DBD mengingat cuaca tidak menentu seperti ini," pesan Walikota.

Walikota mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada akan cuaca ekstrem. Menurutnya, berdasarkan data dari BMKG mulai bulan Juli sampai Oktober cuaca diperkirakan ekstrem akibat El Nino. “Diharapkan agar Lurah, Camat, petugas PPSU hingga masyarakat yang wilayahnya selalu banjir untuk selalu bersemangat membersihkan lingkungan," imbuhnya.

Sementara itu, Yuwono Ketua RW 013 mengungkapkan, pihaknya sangat terharu dengan kehadiran Walikota dalam Aksi Kebersihan Minggu Pagi ini. Menurutnya, dengan kehadiran Walikota kembali mengangkat semangat gotong royong terhadap warga untuk perduli terhadap lingkungan bersih dan sehat.

“Saya mewakili warga sangat senang Pak Wali bisa hadir bersama dalam kerjabakti ini. Ini positif dan mengangkat semangat gotong royong juga apa yang dikeluhkan masyarakat  langsung teratasi mengenai saluran penghubung yang tersumbat. Sehingga kerap terjadi genangan saat musim hujan," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)