Tim Terpadu Lingkungan Hidup Sidak Perusahaan CBP Di Susukan

Tim Terpadu Lingkungan Hidup Jakarta Timur melakukan sidak di perusahaan PT SCG ReadyMix Indonesia yang  berlokasi di Jalan TB.Simatupang, Gg. Asmin No. 1,  Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas, Senin (8/8). Tim yang dibentuk untuk mengawasi perusahaan Concrete Batching Plant (CBP) ini dipimpin oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Izhar Chaidir, diikuti perwakilan SKPD/UKPD yang tergabung dalam Tim Terpadu Pengawasan CBP.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kota Administrasi Jakarta Timur Izhar Chaidir mengatakan bahwa sidak yang dilakukan ini merupakan yang terakhir di wilayah Jakarta Timur. Selanjutnya tim melakukan pengecekan kelengkapan surat izin perusahan serta keliling mengecek pengolahan air limbah, pembuangan limbah B3 dan penanaman bambu yang cukup untuk menahan debu tetapi untuk debu yang berbau kendaraan masih perlu diperbaiki lagi.

“Kita sudah mengecek wilayah yang ada di PT. SCG Readymix Inondesia yang ada di Kampung Rambutan. Kita sudah mengecek surat perizinan dan mengecek proses pembuangan limbah B3 dan pengelolahan air limbah dan kita juga sudah ambil sampel air limbah nya yang nanti akan kita cek dan kita akan laporkan hasilnya. Mereka juga sudah punya penahan debu namun masih perlu perbaiki lagi dalam sisi penahan debu berbau kendaraan,” papar izhar.

Izhar menambahkan bahwa dari pembuangan air limbah pihak PT. SCG Readymix Indonesia sudah merecycle air yang ada, kemudian dibuang kesaluran umum. Namun walaupun tidak ada keluhan dari warga, pihaknya akan melakukan pengecekan lebih mendalam terlebih dahulu.

Menurut Supervisor Plan PT. SCG Readymix Indonesia Cahyono, pihaknya berterima kasih dengan adanya kunjungan dari Tim Terpadu Lingkungan Hidup Jakarta Timur dan segala temuan serta masukan yang ada akan menjadi bahan koreksi pihaknya.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari tim Walikota Jakarta Timur. Ini merupakan sebagai koreksi kepada kami kedepannya, Insya Allah nanti apa yang menjadi temuan akan kita perbaiki,” ujar Cahyono.

Selain itu Hj. Marhasan selaku Ketua RT 08/RW 03 Kelurahan Susukan, Kecamatan Ciracas mengharapkan PT. SCG Readymix  Indonesia menambahkan pohon disekitar pabrik sehingga debu tidak masuk ke pemukiman warga. Pihaknya juga meminta agar perusahaan tersebut membuat  tembok serta saringan agar pemukiman warga tidak terkena debu.

“Kita berharap ditertibkan,dibagusin perusahaannya sehingga ramah lingkungan dan pohon di perbanyak supaya debu tidak masuk ke pemukiman warga dan kebersihan paling penting juga dan kalau air limbah tidak masuk ke pemukiman,” kata Marhasan. (Ajid/Kominfomas JT)