Walikota Buka Pagelaran Wayang Kulit Di Pasar Induk Cipinang

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana  membuka acara Peringatan HUTke 71 Kemerdekaan  RI di halaman parkir Pasar Induk Beras Cipinang, Jalan Pisangan Lama Selatan No.1, Kelurahan Pisangan Timur, Kecamatan Pulogadung, Sabtu (20/8). Peringatan ini dimeriahkan dengan pagelaran kesenian Wayang Kulit bertema "Sirnane Angkara Murka" kerjasama  Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta dengan Persatuan Pedalangan Seluruh Indonesia (PEPADI) Provinsi DKI Jakarta.

Peringatan tersebut dihadiri oleh Kepala Unit Museum Seni dan Budaya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Miss Ari,  Camat Pulogadung Bambang Pangestu, Lurah Pisangan Timur Siti Mariam, serta para tokoh masyarakat. Pada kegiatan ini dilakukan penyerahan secara simbolis tokoh Wayang Puntadewa oleh Direktur Utama Food Station Arif Prasetyo Adi kepada Dalang Ki Bagus Bagaskoro.

Walikota mengatakan, pagelaran Wayang Kulit dalam memperingati HUT Kemerdekaan ini sangat positif. Hal ini merupakan pelestarian kebudayaan Indonesia yang penuh makna.

"Ini sangat positif ya. Kita ketahui bahwa sejarah pewayangan itu penuh arti dan makna. Jadi, dengan adanya pagelaran Wayang ini akan menambah wawasan mengenai sejarah untuk penerus bangsa kita," kata Walikota.

Menurutnya, wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang berkembang khususnya di daerah Jawa. Cerita yang diangkat untuk melakonkan wayang kulit biasanya berasal dari kisah Ramayana dan Mahabrata yang telah banyak diketahui masyarakat dan telah melegenda.

Walikota menambahkan, pagelaran wayang kulit dilangsungkan semalam suntuk dengan jalan cerita yang panjang untuk menghibur. Selain sebagai sarana hiburan, pertunjukan atau pagelaran wayang kulit juga digunakan sebagai sarana pendidikan.

“Dampak saat ini banyak anak-anak usia dini dan remaja yang lebih paham dan mengerti kebudayaan barat/asing di bandingkan kebudayaan indonesia. Nah diharapkan melalui pagelaran Wayang Kulit ini mampu mengangkat penerus bangsa akan pentingnya melestarikan kebudayaan Indonesia," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Food Station Cipinang Arif Prasetyo Adi selaku sponsor acara pagelaran wayang kulit dalam memperingati HUT RI ini mengungkapkan, pihaknya akan terus mendukung pagelaran kesenian budaya Indonesia dalam tiap kegiatan Nasional.

“Ini sangat positif, seperti Pak Wali sampaikan dan hal ini patut di apresiasi. Bahkan Pak Wali juga sampaikan kalo perlu diadakan di halaman kantor Walikota. Diharapkan kesenian pewayangan ini  ini bisa dikenal dan dipahami oleh anak muda dan dilestarikan kedepanya," pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)