Walikota Buka Pemilihan Duta Genre Tingkat DKI Jakarta

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana  membuka acara Pemilihan Duta Mahasiswa Generasi Berencana (Genre) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016 di Lapangan Olahraga Kalbis Institute, Jalan  Pulomas Selatan Kavling No. 22, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Sabtu (15/10). Kegiatan ini bertujuan untuk  menjadi figur teladan dan motivator di kalangan remaja.

Hadir pada kesempatan ini Kepala BPMPKB Provinsi DKI Jakarta Dien Emmawati, Kepala Seksi Kelembagaan Jalur Masyarakat BKKBN Pusat Iqbal Apriansyah, Panitia Pelaksana Kepala Bidang P2K BPMPKB Provinsi DKI Jakarta Drg. Silvia, Dekan Fakultas Ekonomi Kalbis InstituteTriyono Arif Wahyudi dan John Hopkins University (JHU) wilayah Provinsi DKI Jakarta Setyo.

Walikota mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya program Duta GenRe tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016 di kalangan mahasiswa ini dalam upaya meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku untuk berperilaku sehat dan berakhlak dengan tujuan menjadi figur teladan serta motivator di kalangan remaja.

"Pertama saya berikan apresiasi atas terselenggaranya acara Duta Genre mahasiswa ini. Ini sangat positif. Melalui ajang pemilihan ini nantinya seluruh peserta dituntut untuk selalu berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga," kata Walikota.

Menurutnya, saat ini adanya kemerosotan generasi di segala bidang kehidupan, kemerosotan tersebut terlihat dari banyaknya remaja yang terlibat perilaku resiko dan menyimpang. "Misalnya narkoba, minum-minuman keras, pemakaian obat-obatan terlarang dan terlibat pergaulan bebas dan adapun remaja yang putus sekolah serta ditambah pengaruh dunia maya dengan banyaknya akun medsos yang berlebihan, sehingga berdampak negatif terhadap generasi muda kita," paparnya.

Walikota menambahkan,  para Duta Mahasiswa GenRe dituntut untuk selalu berperan aktif dalam menyampaikan pesan-pesan kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga. "Salah satu cara efektif untuk menyosialisasikan program GenRe adalah dengan melibatkan remaja itu sendiri," tambahnya.

Walikota mengharapkan, para Duta Mahasiswa Genre mampu sebagai role model atau figur motivator dari kalangan mahasiswa juga  mensosialisasikan dan mempromosikan program Genre di lingkungan kampus maupun ke seluruh lapisan masyarakat.

"Diharapkan agar pendekatan kelompok sebaya ini dapat diimplementasikan ke dalam program pembentukan dan pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK Remaja dan PIK Mahasiswa) demi menumbuhkan minat, perhatian dan kemauan para remaja dan mahasiswa untuk tampil sebagai pemimpin dan pengelola pusat-pusat informasi. Kemudian dapat berperan aktif dalam wadah dengan mensosialisasikan Genre di RPTRA yang ada diseluruh Provinsi DKI Jakarta," paparnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana Kepala Bidang P2K BPMPKB Provinsi DKI Jakarta Drg. Silvia menjelaskan, terselenggaranya acara pemilihan Duta genre tingkat Provinsi DKI Jakarta tahun 2016 ini merupakan program yang dikembangkan dalam rangka menyiapkan kehidupan kehidupan berkeluarga bagi remaja usia 10 hingga 24 tahun. “Sehingga nantinya mampu menyelesaikan pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan dengan baik, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi," jelasnya.

Selain itu Duta Genre Mahasiswa Putera Provinsi DKI Jakarta Tahun 2016 Rakarasa Nugraha mengatakan, pihaknya sangat bersyukur atas raiahan sebagai Duta Genre Mahasiswa. Kedepannya dirinya akan mengemban amanah yang diemban dalam mempromosikan dan mensosialisasikan Genre. “Melalui figur Duta Mahasiswa menumbuhkan dan mengembangkan PIK Mahasiswa yang menjadi role model, contoh dan teladan bagi teman-teman sebaya dan menyiapkan mahasiswa yang berprilaku sehat dan berakhlak," katanya.

Sementara itu, Duta Genre Mahasiswa Puteri Provinsi DKI Jakarta Rahezsa Natasya menambahkan, sosialisasi dan promosi program Genre  dilingkungan kampus dirasa lebih efektif karena adanya komunikasi yang terjalin terhadap mahasiswa. Disamping itu juga dilingkungan masyarakat secara umum seperti di RPTRA.

"Seperti yang disampaikan Pak Wali tadi untuk mensosialisasikan dan promosi di RPTRA dan Kampung KB menjadikan figur Duta Genre  yang dapat memberi nilai lebih dalam melaksanakan sosialisasi program Genre," tandasnya. (Ajid/Kominfomas JT)