Walikota Pimpin Bersihkan Saluran PHB Di Pondok Kelapa

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana memimpin Aksi Kebersihan Minggu Pagi (AKMP) di Jalan Pondok Kelapa Dalam RT 005/12 Kelurahan Pondok Kelapa Kecamatan Duren Sawit, Minggu (20/11). Aksi kebersihan yang digelar pukul 06.00 ini merupakan kegiatan rutin dengan tujuan untuk memancing kesadaran masayarakat akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

Hadir pada kesempatan ini Asisten Pemerintahan Kota Administrasi Jakarta Timur Andi Ahmad Kohar, Kepala Suku Dinas Tata Air  Jakarta Timur Ahmad Yazied Bustomi, Camat Duren Sawit Abu Bakar, Lurah Pondok Kelapa Siska Leonita. Aksi kebersihan ini melibatkan sedikitnya 100 petugas meliputi unsur PPSU, Sudin Kebersihan, Sudin Tata Air dan masyarakat sekitar.

Walikota mengatakan, aksi kebersihan ini difokuskan membersihkan saluran penghubung (PHB) yang mampet menuju komplek Kavling PTB Pondok Kelapa. Menurutnya,  material tanah dan batu dalam saluran dibersihkan agar air dapat mengalir normal.

“Dalam aksi kebersihan ini kita fokuskan pada saluran penghubung yang menuju perumahan Pondok Kelapa Dalam ke PHB ke kavling PTB Pondok Kelapa yang merupakan daerah ini sering terjadinya banjir. Bahkan hingga masuk kesekolahan 30 sentimeter, dan ini kita bersihkan agar air bisa mengalir dengan normal,” kata Walikota.

Walikota menjelaskan, penyebab genangan yang terjadi dalam wilayah tersebut adanya penyumbatan pada PHB, sehingga air tidak berjalan dengan normal. ”Setelah kita amati permasalahan yang ada yakni adanya penumpukan akibat pembuangan limbah yang mengeras dari perusahaan. Barusan juga kita sudah kita berikan peringatan secara persuasive agar memperbaiki sanitasinya,” paparnya.

Menurutnya,  upaya yang dilakukan untuk mengatasi genangan di wilayah tersebut  perlu adanya normalisasi saluran PHB. Nantinya, unit terkait akan melakukan pembuatan saluran baru.

“Solusinya itu Sudin Tata Air membuat saluran baru ditengah jalan saja. Kalau diperlebar tidak memungkinkan karena sudah terkena rumah warga.  Saya minta kepada Pak RW agar mengikhlaskan beberapa waktu untuk terganggu dalam pengerjaan saluran,” tambahnya.

Lebih lanjut Walikota menghimbau agar masyarakat di Kelurahan Pondok Kelapa senantiasa menjaga  kebersihan lingkungan. "Saya menghimbau kepada seluruh warga di RW 012 Pondok Kelapa untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Kerja bakti ini, diharapkan ada perubahan kearah yang lebih baik,” ujarnya.

Sementara itu Ketua RW 12 Kelurahan Pondok Kelapa H. Guntur Alamsyah mengungkapkan, pihaknya senang dengan adanya aksi kebersihan  yang dipimpin langsung  Walikota. ”Saya sangat banyak terima kasih dengan adanya kerja bakti ini. Melalui ini Pemerintah ada, apa yang diarahkan Pak Wali tadi mengenai kebersihan lingkungan itu bagus. Kemudian juga mau mendengar apa yang selama ini kita keluhkan langsung direspon cepat,” pungkasnya. (Ajid/Kominfomas JT)