Ratusan Anak Rayakan Hari Anak Internasional Di RPTRA Cibesut

Sebanyak 375 anak  Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-Kanak (TK) di wilayah Kecamatan Jatinegara, mengikuti kegiatan peringatan Hari Anak Internasional, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Cipinang Besar Utara (Cibesut), Kelurahan Cipinang Besar Utara, Kecamatan Jatinegara, Minggu (20/11). Acara ini dihadiri Camat Jatinegara Nasrudin Abu Bakar, Lurah Cibesut Sri Sundari, Ketua TP PKK Kecamatan Jatinegara Meidiati dan Kasie Pendidikan Kecamatan Jatinegara Sarwoko.

Kegiatan ini sendiri diadakan Tim Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Kecamatan Jatinegara. Tema yang diangkat pada kegiatan ini, "Stop Kekerasan Terhadap Anak."

Kegiatan diisi dengan menampilkan hasil kreasi dari anak PAUD dan TK seperti tarian dan baca puisi. Selain itu juga diadakan sosialisasi pola asuh anak yang baik, yang disampaikan oleh bunda Zita Anjani dari Kids Republic School.

Camat Jatinegara Nasrudin Abubakar meminta para orang tua agar dapat menjaga dan memberikan perhatian yang baik kepada anak-anaknya. “Mereka adalah aset bangsa yang akan menjadi pengisi kemerdekaan Indonesia emas. Penuhi hak anak, seperti hak untuk bermain, hak untuk mendapat pendidikan, kesehatan dan keamanan," katanya.

Dirinya meminta agar anak-anak dilindungi dari pengaruh orang-orang tidak bertanggung jawab yang  melakukan kekerasan maupun pelecehan terhadap anak. "Stop Kekerasan Terhadap Anak" untuk itu manfaatkan Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) ini yang tujuannya memberikan sarana bermain dan edukasi bagi anak anak yang ramah dan aman," ucapnya.

Ada hal yang menarik dari kegiatan ini, dimana anak-anak diminta untuk menulis cita-cita atau keinginannya disecarik kertas. Hasil tulisannya itu kemudian ditempelkan dibalon yang dilepas bersama-sama ke udara.

“Ilustrasinya tulislah cita-cita kalian setinggi tingginya seperti balon yang akan melambung tinggi ke angkasa,” kata Camat Jatinegara.

Kegiatan ini sendiri berlangsung dengan meriah. Walaupun cuaca cukup panas, namun tidak menyurutkan anak-anak untuk bermain dan berkreasi di RPTRA Cibesut.  (Jonathan/Kominfomas JT)