Walikota Pimpin PSN Di RW 05 Kelurahan Penggilingan

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, memimpin Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di RT 014/RW 05 Kelurahan Penggilingan, Kecamatan Cakung, Jumat (16/12). Hadir pada kegiatan ini, Camat Cakung Alamsyah, Lurah Penggilingan Usdiyati, Ketua RW 05 Kelurahan Penggilingan Asep Riyadi dan para kader Jumantik setempat.

Sebelum keliling, Walikota bersama para pejabat dan kader Jumantik berkumpul di Kantor Sekretariat RW 05 Kelurahan Penggilingan. Setelah itu berkeliling ke rumah-rumah warga untuk memeriksa jentik nyamuk penyebab penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Usai pemeriksaan, Walikota mengaku gembira karena tidak menemukan jentik nyamuk nyamuk di rumah warga. Dirinya berharap, kondisi ini harus tetap dipertahankan agar lingkungan terbebas dari penyakit DBD.

"Saya berterima kasih kepada Ketua RT, RW dan Lurah, rumah yang diperksa semua bersih,” kata Walikota.

Walikota mengungkapkan, beberapa hari lalu ada seorang warga yang meninggal karena penyakit DBD di wilayah tersebut. Hal ini tambahnya harus jadi pelajaran, agar warga senantiasa menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggalnya.

“Kemarin sempat ada kasus DBD disini yaitu murid SD yang meninggal, ini harus menjadi perhatian kesigapan semua pihak, sehingga tidak terulang kembali kasus seperti ini,” katanya.

Walikota mengatakan, upaya terbaik untuk mencegah penyakit DBD yaitu dengan melakukan PSN. Saya himbau untuk terus lakukan PSN. Jangan sebentar-sebentar minta fogging, karena fogging itu tidak baik untuk kesehatan,” ucapnya.

Pada kesempatan ini Walikota juga mengingatkan agar warga waspada terhadap cuaca ekstrim yang terjadi dalam beberapa bulan ke depan. Bencana seperti banjir dan angin kencang harus diantisipasi.

"Antisipasi cuaca musim hujan di bulan Januari dan Februari. Setiap RT, RW, Lurah dan Camat di seluruh wilayah Jakarta Timur dihimbau agar siap tanggap bencana angin kencang dan hujan, Disamping itu juga menghimbau pemimpin wilayah agar menyiapkan secara dini tempat evakuasi tanggap bencana di masing-masing wilayahnya," ujarnya.

Sementara itu Ketua RW 05 Kelurahan Penggilingan Asep Riyadi menyampikan ucapan terima kasih kepada Walikota dan jajarannya yang hadir pada kegiatan PSN di wilayahnya.

“Baru pertama kali saya didatangi tamu spesial yaitu Walikota Jakarta Timur,” ujarnya.

Dirinya pun akan mengajak masyarakat untuk menjalankan himbauan yang disampaikan agar menjaga kebersihan lingkungan dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat.  “Aakan saya jaga pesan tersebut dan saya aplikasikan kepada seluruh warga untuk terus menjaga kebersihan lingkungan,” tutupnya. (Jonathan/Kominfomas JT)