Mendikbud: Setiap Sekolah Harus Punya Keunggulan

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Muhadjir Effendy memimpin pemasangan tiang pancang pertama pembangunan gedung sekolah SMP dan SMA Global Sevilla Pulo Mas di Jalan Pulomas Jaya, Pacuan Kuda Pulomas, Kelurahan Kayu Putih, Kecamatan Pulogadung, Rabu (5/4). Turut mendamping Mendikbud, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, Direktur Sekolah Global Sevilla, Robertus Budi Setiono dan para pejabat lainnya.

Pemancangan tiang pertama dilakukan dengan menekan tombol sirine sebagai tanda dimulainya pembangunan gedung. Rencananya gedung akan dibangun empat lantai terdiri dari SMP, SMA dan gedung pusat studi kebinekaan serta pendidikan karakter Global Sevilla Pulo Mas.

Dalam sambutannya Muhadjir mengatakan, secara umum lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan belajar dan mengajar, memiliki unsur pendukung seperti sarana dan prasarana serta sesuai aturan yang berlaku.

“Setiap sekolah harus punya keunggulan masing-masing. Untuk itu diharapkan tanah dengan luas 1,9 hektar yang akan dijadikan salah satu sekolah bertaraf internasional di kota Jakarta Timur dengan memperlengkap fasilitas-fasilitas yang diperlukan sehingga menjadi sekolah yang diinginkan,” kata Muhadjir dalam sambutannya.

Pria yang pernah menjabat sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Malang ini menambahkan, saat ini keberadaan sekolah-sekolah swasta sudah sangat diperhitungkan. Oleh sebab itu, sekolah swasta bisa menjadi rujukan sekolah-sekolah lain.

”Saya kira sekarang banyak sekolah swasta yang dengan karakternya, dengan ciri khas, yang bisa menjadi rujukan dari sekolah-sekolah lain,” tambahnya.

Dirinya berpesan kepada semua pihak yang ada di sekolah harus diperkuat eksistensinya, dimulai dari kepala sekolah hingga murid-muridnya. Sehingga ke depan semua sekolah, baik yang negeri maupun swasta dapat mempunyai ciri khas dan keunggulan masing-masing.

“Masing-masing sekolah itu nanti punya nilai jual, misalnya unggul di bidang hafal Al-Quran untuk sekolah agama Islam, kemudian ada yang unggul di bidang olahraga, unggul di bidang kewirausahaannya dan unggul dibidang sains,” tandasnya. (Jonathan/Kominfotik JT)