Walikota Buka Acara Keriaan Betawi Jatinegara 2017

Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana membuka acara Keriaan Betawi Jatinegara 2017, bertempat di Pusat Kebudayaan Betawi ( Gedung Eks Kodim Jatinegara ) Jalan Raya Bekasi Timur No.76 Kelurahan Rawa Bunga Kecamatan Jatinegara, Rabu ( 25/10 ). Pagelaran Seni Budaya Betawi yang bertajuk "Keriaan Betawi Jatiengara 2017" digelar selama 4 hari dimulai dari tanggal 25 - 28 Oktober 2017.

Kegiatan yang sekaligus pelucuran Gerbang Betawi diprakasai oleh Dr. Azhari dengan ketua panitia pelaksanaan Sylviana Murni, bertujuan membangkitkan gerakan moral intelektual dan profesional gerakan  diharapkan berfungsi sebagai agen perubaham (agent of change) atas pola pikir (mindset), perilaku (attitude), dan pola rada (spiritualisme) masyarakat betawi menuju ke arah yang lebih baik.

Keriaan Betawi Jatinegara 2017 menampilkan berbagai kegiatan antara lain bazar dan kuliner, pameran lukisan (Sarnadi Adam), parade seni siswa, fashion show, lomba nyanyi lagu, penampilan seni budaya betawi (Lenong, Gambang Kromong dan Tanjidor), Atraksi Silat Palang Pintu, Lomba Cerpen Betawi,Museum Mini, Band Betaei hingga Video Mapping untuk memeriahkan acara.

Menurut Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana, " Ini suatu momen penting kebangkitan budaya betawi,  dan saya berharap eks kodim gedung peninggalan sejarah ini bisa dimanfaatkan dengan baik dalam mempromosikan seni budaya betawi serta potensi kawasan Jatiengara menjadikan salah satu destinasi wisata "katanya.

Dirinya berharap kepada Gerbang Betawi untuk menyampaikan kepada Gubernur Provinsi DKI Jakarta dan Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta serta berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, agar kedepannya, Gedung Eks Kodim Jatiengara dapat dikelola dengan baik serta adanya perawatan gedung, agar menjadi lebih baik lagi.

“ Intinya kami sangat mendukung adanya kegiatan Gerbang Betawi yang bertajuk Keriaan Betawi Jatinegara 2017, agar nantinya Gedung Eks Kodim Jatinegara menjadi salah satu destinasi pariwisata dan kawasan strategis pariwisata unggulan di daerah Jakarta Timur "pungkasnya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan Gerbang Betawi Sylviana Murni mengatakan," Gedung Eks Kodim Jatinegara akan kita jadikan salah satu destinasi wisata, dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Prov DKI Jakarta punya konsep untuk mengembangkan pusat kebudayaan betawi gedung eks kodim jatinegara dengan cara bermitra bersama gerbang betawi "katanya.

Sylvi menjelaskan," Keriaan Betawi Jatingera nantinya akan menjadi kegiatan kalender tahunan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang akan mengekpose tentang kearifan lokal dari betawi, jadi bukan hanya di daerah Jakarta Timur saja tetapi setiap wilayah Kota DKI Jakarta akan melaksanakan kegiatan Gerbang Betawi,dan hari ini Launching awal Gerbang Betawi di Wilayah Kota Jakarta Timur “.

Dirinya berharap dengan adanya Gerbang Betawi akan ada betawi muda yang akan menjadi pengusaha yang  mandiri, serta mengembangkan dirinya untuk membuka lapangan kerja bagi warga DKI Jakarta khususnya, “ Gerbang betawi bertekad satu keluarga, satu sarjana, satu wirausaha, agar masyarakat betawi menjadi sejahtera “ .