Kelurahan Jatinegara Gelar Sosialisasi Rembuk RW Tahun Anggaran 2019

Kelurahan Jatinegara menggelar sosialisasi pelaksanaan Rembug RW di Gedung Sasana Krida Sekretariat Karang Taruna Jalan Puskesmas RW.003 Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Kamis (21/12). Lurah Jatinegara Dona Andria membuka langsung kegiatan tersebut

Kegiatan yang merupakan tindak lanjut dari pembukaan Rembuk RW yang di buka langsung oleh Walikota Kota Administrasi Jakarta Timur Bambang Musyawardana Selasa (19/12), diikuti oleh 14 Ketua RW, LMK, PKK Dan perwakilan Karang Taruna

Dalam sambutanya Dona mengatakan, kegiatan sosialisasi rembuk RW ini sangat penting oleh karena itu, sosialisasi ini merupakan tahapan proses perencanaan partisipatif melalui penjaringan aspirasi masyarakat di tingkat RW.

“ Jadi, selain pembekalan kegiatan membahas dari pengidentifikasian permasalahan di tingkat Rukun Tetangga (RT), yang selanjutnya akan dilakukan pembahasan di tingkat RW untuk dilakukan penentuan prioritas usulan hingga ke tingkat Kelurahan, Kecamatan, Kota dan Provinsi ” katanya.

Menurut Dona pentingnya usulan yang mengedepankan prioritas kebutuhan untuk disepakati bersama di lingkungan RW, sehingga perencanaan pembangunan dapat lebih baik di Tahun 2018 nanti, “ Tentunya yang kita harapkan itu lebih baik lagi, untuk itu kita lakukan sosialisasi, agar dapat dipahami usulan yang disampaikan harus jelas tentang lokasi, volume, satuan dan data lainnya sehingga penginputan dapat mudah ” tambahnya.

Dona mengajak masyarakat agar usulan Rembuk RW juga lebih mengindikasikan terkait pembinaan keterampilan, salah satunya terkait kewirausahaan yang dapat disnikronisasikan dengan program Gubernur DKI Jakarta, “ Usulan setidaknya mensinkronisasikan dari program Pak Gubernur, seperti di Jatinegara sudah kita siapkan dan nantinya akan kita usulkan sehingga karang taruna dapat lebih aktif dalam mengembangkan potensi yang mampu dihasilkan,” paparnya.

Sementara itu Muis Sudarmadi Staf Perencanaan Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Administrasi Jakarta Timur mengatakan, sosialisasi tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti Instruksi Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 144 Tahun 2017 tentang Pelaksanaan Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi DKI Jakarta Tahun 2019.

“Jadi, Kegiatan ini akan menjadi salah satu bahan perumusan prarancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kelurahan dan prarancangan awal RKPD Kecamatan,” ujarnya.

Alamsani selaku Ketua RW 006 Kelurahan Jatinegara mengungkapkan, pihaknya mendukung sosialisasi Rembuk RW ini.” Musrenbang sangat kita nantikan tentunya banyak usulan yang akan diajukan dengan ini kami sangat mendukung, tadi kita juga sudah melihat bagaimana cara teknis penginputan usulanya nantinya akan kita coba saat rembuk RW dimulai ” tandasnya.