Sekko Bahas 56 Usulan Warga Di Musrenbang Kelurahan Jatinegara Kaum

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Timur Usmayadi membuka Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kelurahan Jatinegara Kaum di Aula Lantai III Kantor Kelurahan Jatinegara Kaum, Jalan TB. Badaruddin Tanah Koja, Kecamatan Pulogadung, Selasa (31/1). 

Musrenbang tingkat Kelurahan Jatinegara Kaum ini merupakan rangkaian dari proses penyusunan APBD Tahun 2019 di Kota Administrasi Jakarta Timur. Tercatat, sebanyak 56 usulan hasil dari Rembuk RW yang telah terverifikasi melalui Pra Musrenbang di Kelurahan Jatinegara Kaum dengan biaya 24, 8 Milyar. 

Berbagai usulan Musrenbang Kelurahan Jatinegara Kaum, menurut Sekko sudah cukup baik, meskipun  usulan fisik yang masih menjadi primadona, Musrenbang Kelurahan Jatinehgara Kaum sendiri sudah cukup baik hingga saat ini berbagai usulan masih didominasi dalam pernbaikan infrastruktur diantaranya masalah perbaikan saluran.

Terdapat  enam usulan yang terkait dengan pemberdayaan manusianya, “ Tadi saya sudah minta agar Lurah memusyawarahkan Musrenbang ini untuk menambah usulan non fisik yang dapat dirasakan bagi masyarakatnya, berbagai keterampilan dan kewirausahaan yang nantinya dapat meningkatkan perekonomian sehingga Musrenbang kedepan dapat memajukan kotanya membahagiakan warganya ” katanya. 

Sekko berpesan kepada  Lurah dan warga bersama-sama dengan Sudin Teknis untuk memvalidasi usulan hasil Rembuk RW ini. Sehingga, nantinya dapat diteruskan ketingkat Kecamatan, Kota hingga Provinsi, “ Warga harus terlibat dalam menentukan usulan, jadi mana usulan yang dapat dikerjakan pada tahun 2018, serta usulan yang belum dapat dikerjakan dengan alasan tertentu ” imbuhnya. 

Sementara itu Lurah Jatinegara Kaum Darsito menjelaskan, dari 56 usulan warga hasil rembuk RW yang masih didominasi oleh pembangunan fisik. Terkait, dengan usulan pemberdayaan manusia, dirinya akan mensinkronisasikan usulan tersebut dengan program Gubernur OK OCE dalam meningkatkan mutu kualitas bidang kewirausahaan.

“ Dari 56 usulan yang kita terima masih tinggi dalam usulan fisik untuk usulan pemberdayaan tentunya kita akan sinergikan dengan program OKE OCE Pak Gubernur dengan melibatkan pemuda dalam meningkatkan keterampilan yang telah dimiliki ” ujarnya.

Ansor Yasin Ketua RW.01 Kelurahan Jatinegara Kaum mengungkapkan, pihaknya mewakili warga merasa puas dengan proses rembuk RW hingga Musrenbang Kelurahan. Diakuinya, adanya peran warga dalam perencanaan pembangunan telah terakomodir.

“ Alhamdulillah, kami sangat senang, berbagai usulan kami dapat tervalidasi baik fisik maupun non fisik, kami juga ingin mengajukan usulan langsung terkait dengan sarana prasarana dan usulan SDM, kita mengutamakan keahlian warga yang nantinya akan di koordinir oleh pemuda karang taruna ” tandasnya.