Wali Kota Buka Pembinaan Program OK OCE DI Rusunawa Pulogebang

Berdasarkan intruksi  Gubernur Nomor 152 Tahun 2017 tentang Pengembangan Kewirausahaan Terpadu,  Suku Dinas KUKMP Jakarta Timur menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Program Kewirausahaan One Kecamatan One Centre for Entrepreneurship (OK OCE) di Aula Serbaguna Lantai Dasar Blok H Rusun Pulogebang Jalan Mutiara Raya RT. 008 RW. 06 Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Selasa (20/2).

Acara yang di buka Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dihadirir oleh 100 peserta warga Rusunawa, dengan nara sumber dari Perkumpulan Gerakan OK OCE  ( PGO ) yaitu Dwiarko Suanto, Maria R Tampubolon Serta Nilfa Desriani.

Dalam sambutanya Wali Kota mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas terselenggaranya pembinaan program OK OCE di Rusunawa Pulogebang ini. Menurutnya, hal ini sesuai dengan Instruksi Gubernur Nomor 152 Tahun 2017 guna memberikan lapangan pekerjaan baru dibidang kewirausahaan terpadu.

“ Saya sangat mengapresiasi pembinaan program OK OCE yang di prakarsai oleh Sudin KUKMP Jakarta Timur,  ini adalah upaya pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dengan mengajak serta membina pelaku usaha baru hingga menjadi seorang enterpreneur yang sukses ” jelasnya.

Menurut Wali Kota, kegiatan pembinaan kewirausahaan ini merupakan palatihan soft skill atau management usaha melalui metode coaching terapan, yang terdiri dari tiga tahap melalui pembinaan tingkat dasar, pembinaan usaha mikro kecil dan menengah yang didalamnya terkandung tujuh langkah PAS (Pasti akan Sukses) yang harus dikuasai oleh calon wirausaha OK OCE.

“ Dengan itu peserta yang sudah terdaftar di Sudin KUKMP untuk mengikuti keseluruhan pelatihan, dimulai pelatihan tingkat dasar sampai tahapan selanjutnya sampai selesai, sehingga dapat menguasai 7 langkah PAS sebagai prasyarat tercapainya wirausaha baru ” paparnya.

Wali Kota mengajak seluruh peserta mengikuti pembinaan OK OCE dengan saksama dan penuh konsentrasi agar semua materi yang disampaikan oleh narasumber dapat terserap dengan optimal sehingga proses tahapan selanjutnya dapat berlangsung dengan lancar.

“ Saya harapkan kegiatan ini diikuti dengan baik dan seksama sehingga pembinaan ini dapat bermanfaat bagi kita semua, kemudian saya himbau kepada seluruh SKPD/UKPD agar bersinergi dalam mensukseskan program OK OCE, sehingga kegiatan pembinaan ini dapat terasa kepada seluruh warga, sehingga tujuan program Pak Gubernur dalam pengembangan kewirausahaan dapat tercapai dengan optimal ” imbuhnya.

Sementar itu Kepala Suku Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Administrasi Jakarta Timur Samsu Rizal Khadafi mengatakan, pembinaan yang akan diberikan  kepada peserta OK OCE menggunakan metode coaching terapan dengan mengedepankan tujuh langkah PAS (Pasti akan Sukses).

“ Untuk mencapai semua itu, langkah dasarnya itu adalah membangun mental dan pola pikir seorang entrepreneur, memilih jenis usaha, menguji ide usaha, entrepreneur mikro-kecil hingga proses pendampingan OK OCE yang diharapkan mampu menjadi entrepreneur yang sukses ” ujarnya.

Ditambahkan Samsu, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur telah melaksanakan kegiatan yang mulai dari rekrutmen peserta di Kecamatan, dengan target jumlah peserta sebanyak 40.000 orang untuk lima tahun kedepan, “ Kegiatan  dimulai dari pencari kerja, wirausaha pemula, dan wirausaha naik kelas, dengan tahapan itu Sudin KUKMP akan merekrut sebanyak 8000  orang dengan rincian perkecamatan 800 orang yang nantinya akan menjadi wirausahawan baru ” pungkasnya.