Sekko Buka Pelatihan Wirausaha Baru Industri Di Kecamatan Pulogadung

Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Timur Usmayadi membuka pelatihan Wirausaha Baru Industri di Ruang Serba Guna Lantai III Kantor Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung, Senin (30/4). Kegiatan yang diprakarsai Suku Dinas Perindustrian dan Energi (PE) Kota Administrasi Jakarta Timur ini, dalam rangka menciptakan wirausaha baru di bidang industri yang mewujudkan salah satu visi dan misi Gubernur DKI Jakarta tahun 2017-2022 dalam menjadikan kota Jakarta yang sejahtera melalui terciptanya lapangan kerja dengan wirausaha baru.

Pelatihan diikuti 160 orang yang terdiri darii penggiat usaha dari tiap Kelurahan di Kecamatan Pulogadung. Mereka mengikuti pelatihan diantaranya, bidang kuliner, fashion, kerajinan tangan dan servis elektronik.

Dalam sambutannya Sekko mengapresiasi upaya Sudin Perindustrian dan Energi Kota Administrasi Jakarta Timur dalam mewujudkan penciptaan wirausaha industri baru, dengan cara pembinaan dan pengetahuan tentang kewirausahaan.

“Saya, mengapresiasi terselenggaranya kegiatan pelatihan penumbuhan wirausaha baru industri, terutama pada bidang kuliner dan fashion. Jadi ini sangat positif dalam langkah awal memberikan peluang bagi warga untuk berani berwirausaha,” katanya.

Menurut Usmayadi, pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu strategi yang ditempuh dalam rangka pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM) di Provinsi DKI Jakarta yang bertujuan agar sektor industri dapat tumbuh lebih cepat sehingga dapat berperan lebih besar dalam penciptaan nilai tambah yang berujung pada peningkatan pertumbuhan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja.

Ditambahkan Sekko, dirinya meminta agar seluruh peserta mengikuti kegiatan pelatihan ini dengan serius. Terutama dalam pada bidang kuliner dan fashion, mengingat, sebentar lagi akan memasuki bulan Suci Ramadhan 1439 H/2018 M. ”Nah, disini kita bisa memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan serta Iedul Ffitri yang dapat mendongkrak perekonomian rakyat,” ujarnya.

Sementara itu Aat, salah satu peserta yang tercacat sebagai warga Kelurahan Cipinang mendukung atas terselenggaranya pelatihan ini. Menurutnya, hal ini dapat meningkatkan wawasan dirinya dalam mengelola usaha butik yang telah dijalaninya selama setahun belakangan ini.

“Ini sangat membantu ya. dengan adanya pelatihan ini tentunya kita harapkan dapat menjadi sarana untuk menciptakan para wirausaha baru yang sukses,” pungkasnya.