Wagub Hadiri Penyaluran Kredit Monas Untuk Pengusaha Pemula OK OCE

Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri penyaluran fasilitas Kredit Monas Pemula OK OCE dari Bank DKI, di Ruang Serba Guna Blok C Kantor Walikota Jakarta Timur, Kamis (7/6). Ikut mendampingi Wagub pada kegiatan ini, Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Direktur Utama Bank DKI Kresno Sediarsi.

Tercatat ada  80 pengusaha pemula peserta OK OCE di Jakarta Timur yang menerima fasilitas kredit dari Bank DKI.  Mereka merupakan wirausaha binaan Dinas Perindustrian dan Energi Provinsi DKI Jakarta. Diharapkan pemberian modal pinjaman tanpa agunan ini dapat mendongkrak pengusaha kecil untuk lebih mampu mengembangkan usahanya.

Wagub mengatakan, penyaluran kredit yang diberikan kepada peserta OK OCE, telah melewati enam dari tahapan Pasti Sukses. Dan seluruhnya, sudah lolos P1 hingga P6 dan saat ini sekarang tahap P7.

“Ini adalah kredit tanpa agunan secara massal kepada para pewirausaha baru yang tergabung dalam program OK OCE. Tentunya mari kita doakan bersama agar para wirausaha baru di Jakarta Timur ini nantinya dapat lebih mengembangkan usahanya,” katanya.

Menurutnya, terhadap 80 pengusaha pemula tersebut mendapatkan kredit dengan maksimal plafon per debitur mencapai Rp 10 juta dengan tingkat bunga 7 persen.

Dijelaskan Sandi, bahwa Fasilitas kredit Monas Pemula itu sendiri, merupakan solusi wirausaha untuk pedagang yang baru merintis usahanya dalam rangka mengembangkan kewirausahaan baru di wilayah DKI Jakarta.

“Saya ingin mengapresiasi Bank DKI, Pak Wali dan jajarannya bahwa kita membantu mengembangkan perekonomian kerakyatan, melahirkan wirausaha muda, dan akhirnya memfokuskan pada pembiayaan UKM dan membuka lapangan kerja,” paparnya.

Sementara itu Dirut Bank DKI Kresno Sediarsi mengatakan, penyaluran kredit ini merupakan bentuk sinergi positif dengan OK OCE sebagai upaya perluasan penyaluran kredit kepada UMKM di Jakarta. Pihaknya juga memberikan layanan cash pick up dengan mobile collection yang bertujuan untuk memberikan kemudahan.

“Karena setiap angsuran yang disetorkan akan memiliki struk tanda terima yang sah dan tercatat pada sistem Bank DKI,” ujarnya.

Ditambahkan Kresno, Monas Pemula merupakan fasilitas kredit dengan bunga hanya 7 persen atau setara dengan bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR).  Program ini juga dapat digunakan baik untuk modal kerja maupun investasi produktif dengan maksimal plafon kredit Rp10 juta dan jangka waktu sampai dengan 18 bulan.

”Sebelumnya, kami juga telah melakukan penyaluran kredit Monas Pemula kepada 72 UMKM binaan,” tandasnya.