Wagub Tinjau Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri Pasar Rebo

Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta  Sandiaga Salahudin Uno meninjau Pusat Pelatihan Kerja Pengembangan Industri (PPKPI) Pasar Rebo, Jl Raya Bogor KM 22 RT. 08 RW. 001 Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (3/7).

Kunjungan diawali dengan apel yang dipimpin langsung Wakil Gubernur tersebut  bertujuan memberikan Pembekalan kepada 340 peserta pelatihan kerja reguler guna meningkatkan motivasi kerja wirausaha baru.

Usai memberikan pembekalan pada peserta, Wagub melakukan peninjauan kesejumlah ruang pelatihan, di antaranya ruang  pelatihan instalasi listrik, ruang computer numerical control, ruang otomotif, ruang teknologi mekanik berakhir di lapangan tenis yang ada di areal pelatihan.

Wagub mengatakan, pelatihan di PPKPI Pasar Rebo, sangat bermanfaat dalam menciptakan SDM wirausaha  yang berkualitas, terbukti para lulusannya sudah banyak yang sukses, baik berwirausaha maupun bekerja di sejumlah perusahaan ternama.

"Ini langkah awal menuju kesuksesan, di sini semua peserta pelatihan dilatih secara teori dan praktek termasuki disiplin, mereka juga diberi motivasi agar  mempunyai harapan baru menuju sukses," jelas Sandiaga Uno.

Dirinya menegaskan, di PPKPI Pasar Rabo semua peserta ditempa sesuai dengan bidang yang diambilnya, “Kedepannya pelatihan ini akan disandingkan dengan program OK OCE yang sedang digalakkan serta gerakan yang menciptakan lapangan kerja baru, sehingga program ini akan terus berkembang luas”.

Menurut Sandiaga  saat ini ada sekitar tujuh persen angka penganguran di DKI Jakarta,  “Saya berharap dalam kurun waktu lima tahun ke depan, angka ini akan turun hingga di bawah lima persen, salah satu caranya dengan memperbanyak peserta pelatihan yang ada di tujuh pusat pelatihan di DKI”.

Sementara itu, Kepala PPKPI Pasar Rebo, Anwir Ismail menambahkan, tahun 2018 ini pihaknya telah melakukan pelatih pada 1.020 orang yang terbagi dalam tiga tahap dengan 17 bidang kejuruan.

"Tahap awal pelatihan dibuka pada 27 Februari hingga 24 Mei dengan peserta 340 orang, tercatat ada 1.150 orang mendaftar namun yang ikut seleksi sebanyak 815 orang  dan yang diterima 340 orang, Tahap kedua dilaksanakan pada 30 Mei hingga 6 September mendatang dan tahap ketiga pada 12 September hingga 5 Desember, dengan jumlah peserta sebanyak 340 orang" jelasa Ismail.