Pelajar SMPN 195 Jakarta Studi Banding Ke Wisata Edukasi Pulo Kambing

Puluhan pelajar dari Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 195 Jakarta melakukan studi banding ke Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN)  Wisata Edukasi Pulo Kambing di Jalan Swadaya No 1, RT 010/RW 02, Kelurahan Jatinegara, Kecamatan Cakung, Jumat (12/10).  Para pelajar kelas VII, VIII dan IX ini melakukan kegiatan Field Trip (Karya Wisata) ke beberapa program kegiatan yang telah dihasilkan di RKBN Pulo Kambing diantaranya, usaha koperasi, pengelolaan bank sampah, produk kreatif hasil daur ulang sampah dan urban farming.

Kepala Sekolah SMPN 195 Jakarta Ita Nurwati mengatakan, tujuan diadakan studi banding ke RKBN Pulo Kambing ini sebagai sarana bagi siswa-siswi agar lebih meningkatkan pemahaman berbagai program yang ada di Wisata Edukasi Pulo Kambing.

“Program yang ada di RKBN Pulo Kambing mengedepankan pada wirausaha yang menghasilkan ekonomi, siswa yang berkunjung  merupakan calon anggota OSIS  di SMPN 195 Jakarta. Studi banding ini diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah, sehingga dapat digetoktularkan kepada siswa lainnya mengenai bank sampah, pengolahan daur ulang sampah serta urban farming,” jelasnya.

Ditambahkan Ita, sejak dini para siswa diharapkan memiliki peran penting dalam menjaga keperdulian lingkungan. “Ajarkan generasi muda cara menggelola sampah yang baik sehingga sampah yang ada di lingkungan sekolah dapat teroganisir dengan baik,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Rumah Kreatif Sahabat Pulokambing Vera Nofita menjelaskan, Rumah Kreatif Bersatu Nusantara (RKBN) ini adalah wadah dari kegiatan perkoperasian, bank sampah, guna ulang, hidroponik dan rumah jamur yang dapat dikunjungi sebagai sarana informasi edukasi sesuai porsinya masing-masing.

“Para siswa SMPN 195 ini mempelajari fungsi koperasi, simulasi menabung dan pentingnya keberadaan koperasi serta mengetahui pengelolaan urban farming hydrophonik di lingkungan masyarakat, dengan mengedepankan kepedulian lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih,” pungkasnya.