Cegah Virus Corona, Sekko Minta Masyarakat Biasakan Rajin Cuci Tangan

Wilayah Jakarta Timur menjalankan Intruksi Gubernur Nomor 16 Tahun 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan Risiko Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) melalui Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona, yang dilakukan dalam aksi PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk). Salah satunya di Jalan Al Ikhlas RT 006/RW 02 Kelurahan Bambu Apus, Kecamatan Cipayung, Jumat (6/3/2020).

“Diimbau bagi seluruh warga masyarakat Jakarta Timur khususnya warga Kelurahan Bambu Apus, jangan kuatir dan takut, yang terpenting adalah biasakan rutin cuci tangan,” ujar Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Timur, Usmayadi, dalam aksi PSN di Bambu Apus.

Ia meminta agar para masyarakat bisa menerapkan etika batuk dan mengecek suhu tubuh, seperti yang telah dilakukan di Kantor Walikota Jakarta Timur, kantor kelurahan, puskesmas, perusahaan swasta dan sekolah, dengan menggunakan thermal gun (alat cek suhu tubuh).

“Pemeriksaan suhu tubuh dilakukan sampai memang benar-benar Indonesia aman (dan) nyaman dari wabah virus corona," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Kecamatan Cipayung, Rini Muharni, menjelaskan, Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona sudah dilakukan di sekolah-sekolah wilayah Kecamatan Cipayung, hotel dan seluruh kegiatan kelurahan serta kegiatan RT/RW. Ia berharap agar sosialisasi ini rutin dilakukan agar Kecamatan Cipayung bebas dari virus corona.

"Pesan saya kepada warga membiasakan rajin cuci tangan dan Pola Hidup Bersih dan Sehat dilakukan setiap hari dalam kehidupan sehari-hari," jelas Rini.

Ketua RW 02, Haryono, menyambut baik Sosialisasi Pencegahan Penyebaran Virus Corona yang diterima hari ini.

“Semoga warga biasakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam menjalankan hidup sehari-hari," ujar Haryono. (JS)