Warga Binaan Lapas Cipinang Difasilitasi Layanan Video Call

Lapas Kelas I Cipinang Jakarta Timur memfasilitasi 25 laptop untuk warga binaan bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat yang tidak bisa berkunjung melalui video call (panggilan video). Kepala Bidang Pembinaan sekaligus Ketua Tim Layanan Kunjungan Lapas Kelas I Cipinang, Hisam Wibowo, menyebutkan kunjungan terhadap warga binaan diliburkan selama 18-31 Maret 2020.

Ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus corona atau Corona Virus Disease (Covid-19) melalui kontak fisik dan pertemuan jarak dekat dengan social distancing (jaga jarak sosial).

“Kita sudah meliburkan layanan kunjungan dari tanggal 18-31 Maret, tapi itu masih tentatif sambil menunggu keputusan pemerintah apakah diperpanjang atau tidak,” ungkap Hisam kepada Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur, Selasa (24/3/2020).

Ia menyebutkan, warga binaan antusias menikmati layanan video call untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga dan kerabat secara gratis. Namun, mereka hanya bisa menggunakan layanan tersebut untuk waktu yang ditentukan yakni 09.00 – 12.00 WIB setiap harinya.

Lapas Cipinang Kelas I secara bertahap menyediakan layahan tersebut. Sebelumnya, hanya memiliki 15 laptop tetapi kini telah bertambah menjadi 25 laptop, sehinga warga binaan tidak terlalu mengantre apabila ingin menggunakannya.

“Untuk sampai saat ini sudah 65 warga binaan yang mendaftar untuk menggunakan layanan video call melalui laptop,” kata Hisam. (AD)