Wilayah ODP dan PDP Covid-19 di Pondok Bambu Disemprot Disinfektan

Penyemprotan disinfektan terus dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Coronavirus Disease (Covid-19) di sejumlah wilayah. Salah satunya di wilayah Jalan Amal RT 003/RW 01 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, yang disemprot disinfektan setelah ditemukan informasi salah satu warga yang berstatus ODP (Orang Dalam Pemantauan) dan keluarganya menjadi PDP (Pasien Dalam Pengawasan) Covid-19, Kamis (26/3/2020).

Kegiatan ini dilakukan oleh PMI (Palang Merah Indonesia) Jakarta Timur dan Kelurahan Pondok Bambu.

"Permintaan penyemprotan memang kita diminta pihak kelurahan, kita diberi informasi oleh mereka bahwa diwilayahnya ada ODP dan PDP," ujar Kepala Seksi PMR (Palang Merah Remaja) dan Relawan PMI Jakarta Timur, Agus Barkah, Jumat (27/3/2020).

Ia menyebutkan, penyemprotan dilakuan di jalan dan dalam rumah yang terdapat ODP dan PDP. Mereka pun sudah melakukan pemeriksaan di rumah sakit dan mengislasi mandiri di rumah.

"Mereka yang mengisolasi mandiri juga sangat berhati-hati menerima tamu, saat tahu kami petugas dari PMI yang datang ingin melakukan penyemprotan dengan APD (Alat Pelindung Diri) lengkap mereka baru membuka pintu untuk disemprot dalam rumah mereka," jelasnya.

Ia menjelaskan , warga yang lain setelah melihat kedatangan petugas penyemprotan meminta rumah mereka agar disemprot juga, dengan alasan adanya cemas akan tertular virus Covid-19.

Selain di RW 10 Kelurahan Pondok Bambu, Kecamatan Duren Sawit, penyemprotan juga dilakukan wilayah lain. Diantaranya yaitu Pondok Yatim & Dhuafa Shohibul Istiqomah Jalan Cililitan Keci II, Zaara Residen RT 002/RW 09 Kelurahan Tengah, dan Kantor Samsat Jakarta Timur. (ID)

Foto Dok. PMI Kota Jakarta Timur