400 Warga Ikut Rapid Test di Puskemas Kecamatan Jatinegara

Kepala Puskesmas Kecamatan Jatinegara, dr. Dara mengatakan tes cepat atau rapid tes deteksi Covid-19 (Coronavirus Disease) atau virus corona yang dilaksanakan oleh Puskesmas Kecamatan Jatinegara sudah dimulai sejak Kamis  (26/03/2020).

Ia mengaku pihaknya sudah menerima alat rapid test dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Timur pada Rabu (25/3/2020) dan telah dilakukan pengecekan alat, untuk kemudian layanan tes dibuka keesokannya.

“Sampai hari Jumat (27/3/2020) ini, pukul 14.30 WIB, sudah ada 400 orang yang diperiksa,” ujar Dara, kepada Tim Sudin Kominfotik Jakarta Timur.

Dalam rapid test ini, lanjuta Dara, dilakukan sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) yang ditetapkan dari Dinas Kesehatan DKI Jakarta. Diantaranya adalah prioritas pemeriksaan yaitu untuk kategori kontak erat risiko tinggi, kontak erat risiko rendah, ODP (Orang Dalam Pemantauan), dan petugas medis yang menangani kasus Covid-19.

“Kontak erat resiko rendah adalah kategori orang yang pernah melakukan kontak dengan pasien dalam pengawasan (PDP), sedangkan untuk kontak erat resiko tinggi dimana kategori yang pernah melakukan kontak dengan pasien yang sudah positif Covid 19,” jelas Dara. (OS)

Foto Dok. Puskesmas Jatinegara