Warga Klender Gunakan Grobak saat Berkeliling Semprot Disinfektan

Gotong royong untuk mencegah penyebaran virus corona atau Coronavirus Disease (Covid-19) dilakukan warga Kelurahan Klender, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, secara swadaya. Hal itu, dilakukan oleh warga RW 01 dan RW 04 Kelurahan Klender atas dasar kesadaran diri.

Menariknya, para warga memanfaatkan media gerobak kecil berkeliling bergantian menyemprotkan fasilitas publik, tempat ibadah, dan rumah warga, Jumat (27/3/2020). Gerobak tersebut beris drum berukuran 120 liter, serta mesin kompresor cuci sream untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

"Kami ajak seluruh warga untuk bersama sama melawan dan membasmi ancaman virus corona. Ini langkah wujud inovasi dan patut diapresiasi," kata Lurah Klender, Tri Budiyanto.

Ia pun menjelaskan, bahwa Kelurahan Klender pun telah melakukan berbagai upaya pencegahan. Dimulai dari imbauan hingga penyemprotan dengan mengerahkan petugas gabungna di seluruh sarana publik.

Lebih lanjut dijelaskan Tri, selain penyemprotan disinfektan keliling dengan menggunakan gerobak, ada pula pembuatan cairan disinfektan oleh Remaja Masjid Al-Ihsan. Mereka membagikannya kepada seluruh warga di lingkungan masjid hingga antusias warga dengan pembuatan sarana cuci tangan secara mandiri.

"Semuanya, dilandasi dengan kolaborasi bersama. Semoga saja langkah ini dapat memberikan rasa aman bagi seluruh warga, yang berdasarkan peta coronavirus Jakarta bahwa Klender zona merah, dengan adanya upaya ini semoga saja yang dikhawatirkan tidak ada," pungkasnya. (AJ)

Foto Dok. Kelurahan Klender