Sambut HUT RI, Kodam Jaya Gelar Pesta Rakyat Ciiliwung

Dalam rangka menyambut HUT ke 70 Kemerdekaan RI, Kodam Jaya menggelar pesta rakyat di bantaran Kali Ciliwung yang dipusatkan di belakang Markas Rindam Jaya, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramatjati, Sabtu (15/8). Selain diisi hiburan dan berbagai lomba yang melibatkan masyarakat di bantaran Kali Ciliwung, juga diadakan pasar murah.

Hadir pada acara ini Pangdam Jaya Mayjen TNI Agus Sutomo, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah, Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana dan Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol Umar Faroq. Pada kegiatan ini, Pangdam juga mengajak para tamu undangan untuk menyusuri Kali Ciliwung, untuk melihat kegiatan lomba yang diadakan masyarakat.

Pangdam mengatakan, lewat acara ini pihaknya ingin mengajak masyarakat bergembira merayakan HUT Kemerdekaan, sekaligus menumbuhkan rasa cinta terhadap Kali Ciliwung. Masyarakat, khususnya yang tinggal di sepanjang bantaran kali Ciliwung diharapkan peduli terhadap kebersihan dan tidak lagi membuang sampah ke kali.

“Kegiatan ini sekaligus merubah mindset masyarakat di bantaran sungai Ciliwung yang selama ini suka membuang sampah ke kali,” kata Sutomo, usai menyusuri kali Ciliwung.

Pangdam mengatakan, sedikitnya ada 18 titik kegiatan lomba yang diadakan masyarakat di sepanjang bantaran Kali Ciliwung menyambut HUT Kemerdekaan RI. Untuk di Rindam Jaya, pihaknya menggelar aneka lomba seperti makan kerupuk, panjat pinang, pukul kendi, gigit uang dalam jeruk, menangkap belut, balap karung, tarik tambang, gebuk bantal di tengah kali Ciliwung, karnaval sepeda hias dan balap sepeda hias.

“Kegiatan ini melibatkan masyarakat yang tinggal di bantaran Kali Ciliwung,” kata Agus.

Selain lomba, Kodam Jaya juga menggelar pasar murah di lokasi kegiatan pesta rakyat. Ada 6.800 paket sembako yang  dijual dengan harga murah.

“Setiap paketnya harganya Rp 100 ribu, namun dijual kepada masyarakat hanya Rp 30 ribu,” kata Agus.

“Selain itu juga diadakan pasar murah dimana disiapkan 6.800 sembako dengan harga 100 ribu hanya dijual 30 ribu saja kepada masyarakat,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Saefullah memberikan apresiasi kepada jajaran Kodam Jaya yang selama ini aktif terlibat terhadap penanganan kebersihan Kali Ciliwung.  Menurut Saefullah, konsep yang ditawarkan Pangdan Jaya untuk penanganan kebersihan Kali Ciliwung sangat efektif.

“Dalam penanganan Kali Ciliwung, bukan bersih saja tapi ada pesan moral yang di sampaikan kepada masyarakat.  Ada keterlibatan langsung dengan peran serta masyarakat dalam membersihkan kali Ciliwung,” ujar Saefullah. (Idham/Kominfomas JT)