Anak-Anak Di RW 09 KDW Dapat Pelatihan Musik Angklung

Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur mengadakan Pembinaan Seni Kota Layak Anak di RW 09 Kelurahan Kelapa Dua Wetan (KDW), Kecamatan Ciracas. Kegiatan yang berlangsung dari  12 Agustus sampai 26 November 2015 ini diisi dengan pelatihan seni musik angklung untuk anak-anak usia tingkat SD hingga SMP.

"RW 09 merupakan RW percontohan layak anak se-Jakarta timur. Pembinaan atau pelatihan diadakan seminggu dua kali, hari Rabu dan Kamis, pukul 15.00-17.00,” ujar Sri Catur Setyowati, Kepala Seksi Pembinaan Kebudayaan, Sudin Pariwisata dan Kebudayaan Jakarta Timur, Senin (31/8).

Kegiatan ini menurutnya, untuk menciptakan lingkungan yang baik dan menyenangkan bagi anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal. Catur mengaku minat dan antusias anak-anak dengan adanya pelatihan seni musik sangat besar. Dari yang mulanya diikuti 20 anak, sekarang menjadi sekitar 29 anak.

"Anak merupakan harapan dan aset bangsa untuk menjadikan bangsa ini lebih maju pada masa mendatang. Salah satu hal yang ikut membentuk kepribadian anak adalah lingkungan. Kita tidak mau lingkungan yang tidak sehat dan penuh dengan permasalahan sosial memberikan dampak buruk bagi perkembangan anak," terang Catur.

Ditambahkan Catur, maksud dan tujuan kegiatan Pembinaan Seni Kota Layak Anak adalah mengajak generasi muda untuk lebih mengenal dan mencintai budaya bangsa, serta meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan anak-anak bidang seni.

"Kegiatan ini juga untuk memberikan perlindungan kepada anak untuk tumbuh dan berkembang secara maksimal, dengan menyediakan sarana beraktifitas di bidang seni,” tukasnya. (Puji/Kominfomas JT)