Dua Sekolah Dari Kecamatan Kramatjati Maju Ke LSS Tingkat DKI

Empat sekolah di Jakarta Timur, yaitu TK Global Islamic, SDN Kelapa Dua Wetan 01 Pagi, SMPN 49 dan SMAN 36, maju ke Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi DKI Jakarta Tahun 2015. Dari empat sekolah tersebut, dua sekolah berasal dari Kecamatan Kramatjati yaitu TK Global Islamic di Kelurahan Batu Ampar dan SMPN 49 di Kelurahan Kramatjati.

Keberhasilan dua sekolah di wilayahnya mewakili Jakarta Timur, disambut positif Camat Kramatjati Eka Darmawan. Eka mengatakan, pihaknya pun mempersiapkan sebaik mungkin dengan melibatkan seluruh pihak terkait agar hasil yang diraih dapat maksimal.

"Saya bagi-bagi tugas dengan Wakil Camat melakukan monitoring berhubungan dengan persiapan Lomba Sekolah Sehat,” kata Eka saat menghadiri gladi resik penyambutan Tim Penilai LSS Tingkat Provinsi DKI Jakarta, di SMPN 49 Kramatjati, Selasa (1/9).

Untuk persiapan penilaian, menurut Eka, melibatkan seluruh instansi terkait di tingkat kecamatan. “Untuk pembinaan dilakukan secara rutin, khususnya yang berkaitan dengan Usaha Kesehatan Sekolah," terang Eka.

Menurut Eka, sekolah yang mengikuti LSS wajib memperhatikan aspek penilaian yang berpedoman pada Trias Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yaitu mencakup Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, dan Pembinaan Lingkungan.

"Yang perlu diperhatikan adalah toiletnya bersih, penghijauan mendukung, keberadaan tempat sampah, ada komposting dan bioporinya, tanaman toga, kebersihan dan ventilasi ruangan," katanya.

Dia meminta, sekolah lain yang tidak ikut serta dalam LSS tetap menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) dan aktif melaksanakan program Trias UKS. "Walaupun sarana minim, tapi perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah harus selalu dibiasakan," tutup Eka. (Jonathan/Kominfomas JT)