Walikota Jaktim Harapkan Kualitas Pelayanan Ditingkatkan

Para petugas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di wilayah Jakarta Timur mendapatkan bimbingan teknis dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Bimbingan teknis diikuti 80 petugas PTSP, baik yang ada di tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan.

Walikota Jakarta Timur Drs. H.R. Krisdianto, M.Si, harapkan, bimbingan teknis ini dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Kualitas pelayanan publik yang dilakukan oleh aparatur pemerintah bukan hanya memberikan kepuasan terhadap masyarakat akan tetapi juga menciptakan iklim yang kondusif bagi kegiatan usaha dan kegiatan lainnya,” kata Walikota, saat membuka acara Peningkatan Kualitas Petugas Pelayanan Publik di PTSP Jakarta Timur, di Ruang Pola Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (28/11).

Walikota mengatakan, paradigma pasca reformasi telah membawa perubahan, dimana aparat adalah pelayanan masyarakat. Untuk itu dirinya meminta sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, para aparatur Pemkot Jakarta Timur dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Berikanlah layanan yang terbaik dalam pelayanan publik dengan berpedoman pada ketentuan yang berlaku,” ujarnya.
Para petugas PTSP diharapkan dapat mengikuti bimbingan teknis ini dengan baik sungguh-sungguh. “Saya juga berharap  untuk menerapkan pengetahuan yang didapatkan dari narasumber dalam memberikan pelayanan publik yang prima di unit masing-masing,” ujarnya.

Kepala Unit PTSP Jakarta Timur Desti Ernaningsih, SH, MH, mengatakan, tujuan diadakannya bimbingan teknis ini adalah untuk membangun semangat dan motivasi penyelenggaraan publik, baik di tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan. “Diharapkan, kegiatan ini dapat semakin meningkatkan kualitas kinerja dan mutu pelayanan untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dengan layanan cepat, tepat, murah, transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Bimbingan teknis ini diikuti 80 petugas PTSP yang ada di tingkat Kota, Kecamatan dan Kelurahan di wilayah Jakarta Timur. Mereka terbagi dalam 4 angkatan yang masing-masing angkatan berjumlah 20 orang.

Kegiatan ini diadakan di laboratorium komputer Sudin Kominfomas Jakarta Timur. Sementara narasumber berasal dari Biro Organisasi dan Tatalaksana Provinsi DKI Jakarta, Sudin Perizinan, Sudin Kominfomas, Sudin Koperasi UMKMP, Sudin Kesehatan, Sudin Tata Ruang dan Satpol PP Jakarta Timur. Selain itu juga ada narasumber dari PT Explorindo Global Mandiri terkait dengan aplikasi PTSP Online.

“Para peserta yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan sertifikat bimbingan teknis PTSP yang dikeluarkan oleh Badan Diklat Provinsi DKI Jakarta,” tukas Desti.

Pembukaan bimbingan teknis ini tampak hadir Wakil Kepala Badan PTSP Provinsi DKI Jakarta Ir. Irvan Amtha, M.Si dan Kabid Teknis Badan PTSP Provinsi DKI Jakarta Edy Junaedi. Selain itu hadir pula Kepala Bagian Ketatalaksanaan Jakarta Timur Muchtar SE, M.Si dan Kasudin Kominfomas Jakarta Timur Drs. Ii Karunia, M.Si.