Wakil Walikota Jaktim Pimpin Upacara Peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA

Wakil Walikota Jakarta Timur Drs. H. Husein Murad, M.Si, memimpin upacara peringatan Hari Rapat Raksasa IKADA 19 September 1945, di halaman Kantor Walikota Jakarta Timur, Jumat (19/9). Upacara ini diikuti para pegawai dan pejabat di lingkungan Pemkot Jakarta Timur.

Pada kesempatan ini, Wakil Walikota membacakan sambutan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Joko Widodo. Dalam sambutannya, Gubernur menekankan tentang arti penting peristiwa bersejarah Rapat Raksasa IKADA tanggal 19 September 1945, bagi perjalanan petjuangan bangsa Indonesia.

Menurutnya, peserta rapat saat itu yang membanjiri lapangan Ikatan Atletik Djakarta (IKADA) menegaskan kepada dunia bahwa Republik Indonesia yang diproklamasikan tanggal 17 Agustus 1945, tetap tegak, bersatu dan berdaulat.

“Sikap heroik tersebut menyatakan kebukatan tekad mendukung tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945,” kata Wakil Walikota, saat membacakan sambutan Gubernur.

Gubernur dalam sambutannya juga mengatakan, pikikan kata “Merdeka” yang diucapkan Bung Karno dan pernyataan sikap tegas yang diperingati setiap tahun ini, harus membangkitkan semangat warga Jakarta dan seluruh bangsa Indonesia dalam melaksanakan pembangunan dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan.

“Sejalan dengan tema Hari Rapat Raksasa IKADA ke 69 kali ini yaitu, Dengan Semangat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Kita Wujudkan Indonesia yang Baru dan Sejahtera, kita mendukung terwujudnya Jalan Perubahan Untuk Indonesia yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadian,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Gubernur juga memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar bangsa Indonesia selalu jaya, bersatu, berdaulat dan warga Ibukota dapat mewujudkan Jakarta menjadi salah satu kota utama di Asia dan dunia. (Puji/Kominfomas JT)